Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menterbitkan tiga lembar paspor gratis kepada tiga pemohon yang lebih awal datang ke kantor tersebut dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-71 periode 2021.

"Selain memberikan pelayan paspor gratis, petugas imigrasi juga melaksanakan bakti sosial diantaranya  donor darah, menyerahkan bantuan di Panti Asuhan Permata Hati dan menyerahkan bantuan kepada korban banjir dibeberapa wilayah yang ada di Kalimantan Selatan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin I Gusti Bagus M Ibrahim, di Batulicin Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan dan perayaan dalam memperingati hari bakti imigrasi dimulai sejak 21-26 Januari, kegiatan tersebut bukan hanya sebatas seremonial saja melainkan sebagai sarana antara kantor imigrasi dengan masyarakat untuk mewujutkan hubungan yang harmonis.

Menurutnya, imigrasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah dan masyarakat.

"Kami memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, ditambah lagi dengan peran imigrasi terkait mobilitas manusia yang masuk dan keluar ke wilayah Indonesia," ujarnya.

Hingga saat ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin telah menerbitkan paspor sebanyak 9.517 lembar yang diterbitkan sejak periode 2018-2020.

"Secara rincinya penerbitan paspor pada periode 2018 sebanyak 3.995 lembar, periode 2019 sebanyak 3.592 lembar dan periode 2020 sebanyak 1.930 lembar atau buku," katanya lagi.

Ditegaskan Gusti, pada periode 2020 mengalami penurunan jumlah penerbitan paspor, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Virus Corona.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021