Jalankan misi kemanusiaan dokter dokter dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyisir kota hingga ke pedalaman yang terisolasi tanah longsor pascabanjir bandang untuk memberikan layanan, obat dan pengobatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

Catatan para dokter penyakit yang mendominasi adalah infeksi saluran pernapasan (ISPA), diare, dermatitis (penyakit kulit), myalgia (nyeri otot).

"Kita juga prioritaskan ibu ibu hamil dan membantu tenaga untuk langsung memeriksa tindakan usg oleh dokter Fifi spesialis kandungan," ujar dokter umum, Monika Atria Hutagalong ke Antara sepulang naik trail dari desa terisolir di Datar Ajab, Hantakan. Minggu.

Ada sekitar 260 warga yang mereka beri layanan kesehatan gratis ada pelayanan ibu hamil dan ultrasonografi (usg)  oleh spesialis kandungan dokter Fifi, spesialis anak ada dokter Emmy, spesialis syaraf ada dokter Betsy dan  pelayanan umum dokter Heny dan Monika.

Seminggu setelah peristiwa banjir bandang terjadi pada Rabu, (13/1) dokter dokter itu langsung terjun membantu Puskesmas Hantakan dan Puskesmas Pagat hingga sekarang.

"Kami berharap untuk layanan kesehatan di HST bisa segera beroperasional kembali karena untuk pelayanan kesehatan lanjutan korban pascabanjir dan juga dilakukan pendampingan trauma healing pada penduduk korban banjir," ujarnya.

Dokter itu tergabung bersama klinik Cahaya Imani Kandangan, perhimpunan profesi kesehatan muslim (Prokami) Kalsel, Lazismu HSS dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) HSS.

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021