Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry didampingi para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menerima bantuan sembako dari Menteri Pertanian (Mentan) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk bencana banjir di Kabupaten HSS.

Ia mengatakanm pihaknya sangat bersyukur mendapat suatu kehormatan kedatangan Kepala Dinas Tanaman Modal Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalsel, sekaligus menyerahkan bantuan dari Mentan RI.

"Bantuan ini sangat berarti karena di HSS terdampak tinggal empat kecamatan, sekarang Kecamatan Kalumpang yang airnya cukup merendam rumah biasanya setelah itu kemudian Daha Utara, Daha Barat, Daha Selatan airnya merendam di rumah cukup lama kadang-kadang satu hingga dua bulan," katanya, Sabtu (23/1).

Tak lupa, ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Kalsel dan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Provinsi Kalsel yang juga menyerahkan bantuan langsung ke Kabupaten HSS.

Baca juga: Bupati HSS tanam perdana Aren Genjah di Jambu Hulu, Padang Batung

Sekaligus menyambut gembira tawaran Kepala Dinas TPH memberikan bibit padi gratis, diharapkan segera diberikan bantuan bibit agar setelah airnya agak surut warga bisa mulai menyemai dan menamam lagi.

"Kami ingin mempertahankan Kabupaten HSS sebagai penyangga pangan, dengan ini bisa tetap menjaga cadangan beras, dan selama ini di HSS cadangan beras cukup jadi tidak terasa dampaknya, karena rata-rata masyarakat mempunyai cadangan beras di rumah," katanya, bertempat di lobby kantor bupati setempat.

Menurut dia, dari kejadian banjir ini agar ada hikmah yang bisa diambil, sekali lagi pihaknya mengapresiasi kebijakan Mentan yang ingin memberikan bibit gratis, dengan harapan bantuan tersebut cepat datang dan bisa disebarkan ke petani.

Adapun bantuan yang diterima diantaranya beras, gula, minyak goreng, masker, terpal, mie instan, susu anak, sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci pakaian, pampers anak, pampers dewasa, pembalut wanita, selimut, dan obat gatal.

Baca juga: Bupati HSS hadiri syukuran panen raya padi rawa

Kadis TPH Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan dari Menteri Pertanian berupa sembako sebanyak satu truk kemudian bantuan dari Gubernur Kalsel juga pendamping diterima langsung oleh Bupati HSS.

"Ini bantuan yang tanggap darurat, kemudian untuk yang selanjutnya Pak Menteri juga memberikan bantuan kepada petani-petani yang terdampak lahannya oleh banjir, baik yang gagal tanam maupun yang masih dipersemaian," katanya.

Pihaknya mempersilahkan dan meminta bantuan laporan dari Bupati HSS dan Kepala Dinas Pertanian HSS berapa yang terdampak, dan kementerian akan membantu benih padi secara gratis.

Ditambahkan dia, maka petani tidak usah khawatir, mereka harus tetap beraktivitas menjaga bahwa beberapa kabupaten di Kalsel, termasuk Kabupaten HSS sebagai penyangga pangan di Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021