Pasokan vaksin COVID-19 yang diangkut dalam 13 koli dari Kementerian Kesehatan untuk pengiriman tahap tiga tiba di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Jumat dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ronny Suseno mengatakan proses kedatangan vaksin mulai dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju tempat penyimpanan di Kota Banjarbaru berjalan lancar dengan pengawalan anggotanya bersenjata lengkap.

"Kami pastikan vaksin telah disimpan dengan aman di Instalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan Kalsel Jalan Ahmad Yani Km 21.500, Landasan Ulin, Banjarbaru," katanya di Banjarmasin, Jumat.

Sebelum didistribusikan ke kabupaten dan kota di Kalsel, vaksin disimpan terlebih dahulu di provinsi di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kalsel.

Polda Kalsel melakukan pengamanan 1x24 jam dan setiap tim yang berjaga terdiri dari enam personel Satuan Brimob, empat anggota Direktorat Samapta dan tiga anggota Polres Banjarbaru.
Anggota Brimob bersenjata lengkap mengawal kedatangan vaksin COVID-19 di Kalsel. (ANTARA/Firman)


Program vaksinasi COVID-19 di Kalsel telah dimulai pada Kamis (14/1).. Sebanyak 30.905 tenaga kesehatan terdaftar penerima vaksin COVID-19 yang dimulai di tiga kabupaten dan kota untuk tahap pertama yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Adapun vaksin berjenis Sinovac yang sudah diterima Kalsel sebelumnya berjumlah 30.480 dosis. Untuk fasilitas kesehatan yang disiapkan melayani penyuntikan vaksinasi 288 faskes dengan 4.598 vaksinator yang sudah terlatih.

"Sampai akhir Januari ini kami targetkan tiga daerah di tahap pertama ini selesai. Sehingga pada Februari nanti dilanjutkan 10 kabupaten lainnya," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kalsel HM Muslim.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021