Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Penerimaan pendapatan asli daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, melalui sektor pajak selama 2014 mengalami peningkatan cukup tajam hingga melampaui target.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Banjarbaru Thalmi Hasani, Minggu mengatakan, hampir seluruh penerimaan pajak daerah mengalami peningkatan.

"Penerimaan pajak meningkat dan hampir seluruh komponen pajak daerah yang masuk pendapatan asli daerah mengalami peningkatan hingga melampaui target," ujarnya.

Menurut dia, realisasi penerimaan pajak daerah secara keseluruhan hingga minggu pertama Desember 2014 sudah melampaui target dari Rp45,2 miliar terealisasi Rp57,2 miliar.

Disebutkan, penerimaan pajak signifikan yakni pajak restoran dari target pendapatan sebesar Rp4,80 miliar sudah terealisasi Rp8,02 miliar atau 167,15 persen.

Pajak hotel baik hotel berbintang hingga hotel kelas melati dan losmen terealisasi Rp3,3 miliar atau 132,50 persen dari target penerimaan yang ditetapkan sebesar Rp2,5 miliar.

Kemudian, pajak penerangan jalan dari target yang ditetapkan sebesar Rp12,70 miliar sudah terealisasi sebesar Rp16,8 miliar atau tercapai 132,42 persen.

Dari hasil retribusi daerah sudah terealisasi penerimaan sebesar Rp10 miliar dari target Rp11,3 miliar dan retribusi perizinan tertentu tercapai Rp5,1 miliar dari target Rp5,7 miliar.

Retribusi Izin Mendirikan Bangunan juga menyumbangkan penerimaan besar yakni Rp4,2 miliar atau 89,72 persen dari target ditetapkan sebesar Rp4,7 miliar.

Dikatakan, meningkatnya sektor penerimaan pajak disebabkan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik disamping kesadaran wajib pajak juga relatif tinggi.

"Faktornya karena pertumbuhan ekonomi meningkat, kesadaran wajib pajak tinggi disamping petugas yang juga memberikan pelayanan terbaik bagi wajib pajak," katanya.

Pewarta: yose rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014