Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, H Bambang Alamsyah mengatakan pemerintah kabupaten menyiapkan anggaran sebesar Rp600 juta sampai Rp700 juta untuk pembangunan desa.


"Pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp600 juta sampai Rp700 juta pada 2015 untuk pembangunan desa," ujarnya di Pelaihari, Minggu.

Karenanya para kepala desa perlu sesering mungkin bermusyawarah dengan warganya terkait anggaran pembangunan desa tersebut, tegas orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) itu.

Menurut mantan Ketua DPRD Tanah Laut (Tala) itu, dengan tersedianya anggaran tersebut, maka apa saja permasalah desa dalam pembangunan dapat teratasi.

"Untuk pembangunan infrastruktur, kami minta kepala desa (kades) melihat prioritas yang dianggap penting. Begitu juga dana yang diberikan agar benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," pesannya.

Ia berharap, dengan bantuan dana pembangunan untuk desa tersebut dapat meningkatkan infrastruktur desa bahkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di "Bumi Tuntung Pandang" Tala.

"Mudah-mudahan dana pembangunan desa dapat memajukan daerah ini dan menyejahterakan masyarakat," demikian Bambang Alamsyah.

Sementara itu Camat Pelaihari Bambang Kusudarisman mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati Tala H Sukamta dan Sekdakab Tala, H Abdullah di Desa Ujung Batu (sekitar 65 kilometer timur Banjarmasin).

"Kehadiran Bupati beserta rombongan ke Desa Ujung Batu tentunya penting karena masyarakat bisa bertanya langsung terkait pembangunan daerah, terutama di desa mereka," terangnya.

Ia menjelaskan, khusus Desa Ujung Batu, mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagian besar bekerja di bidang pertanian, peternakan.

Selain itu, Desa Ujung Batu memiliki tempat wisata yang cukup menarik yakni, Gunung Keramaian, yang bisa memandang alam pengunungan lainnya serta Laut Jawa, terangnya.

Pada acara tatap muka sekaligus kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Ujung Baru, juga dilaksanakan sunatan massal, pengobatan gratis, serta perpanjangan pajak kendaraan.

Uuntuk peternakan, berupa kawin suntik, pembuatan surat izin mengemudi (SIM), pasar murah dari Indofood, serta dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Tala.

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014