Bupati Kotabaru, Kalimantan Seltan, H Irhami Ridjani berjanji akan melakukan mutasi pejabat setelah sekretaris daerah definitif terpilih, menyusul tiga kandidat Sekda kini tengah menjalani proses uji kelayakan dan kepatutan.

"Setelah Sekda definitif terpilih, maka mutasi dan roling pejabat baru bisa dilakukan," kata  Irhami di Kotabaru, Rabu, menyikapi rumor yang berkembang di masayarakat, bahwa segera ada mutasi pejabat.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotabaru Said Husin Kadri MSi mengatakan, Pemkab Kotabaru telah mengajukan tiga orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) kepada Pemerintah Provinsi Kalsel.

Ketiga orang tersebut, H Suriansyah Asisten III yang juga Pelaksana Tugas Sekda Kotabaru menggantikan H Suwardi yang memasuki purna tugas.

Serta H Gusti Syamsul Bahri, Asisten Administrasi dan Pembangunan (II), dan Hj Maslenawati Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kotabaru.

"Ketiga kandidat tersebut diwajibkan menyampaikan presentasi, termasuk fit and proper test di Pemprov Kalsel," jelasnya.

Pada presentasi tersebut, ketiga calon harus menyampaikan visi dan misi apabila yang bersangkutan menjadi Sekda, serta langkah strategis apa yang akan dilakukannya dalam mendampingi kepala daerah.

Said menjelaskan, ketiga orang tersebut telah memenuhi syarat untuk dicalonkan menjadi sekretaris daerah Kotabaru.

"Mengenai siapa yang akan terpilih akan melalui hasil seleksi yang dilakukan Pemprov Kalsel, yang selanjutnya akan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri," terang Said.

Sebelumnya, H Suriansyah mengatakan, pihaknya tidak berambisi untuk menjadi Sekda Kotabaru, akan tetapi jika itu merupakan kepercayaan yang diberikan kepadanya ia juga tidak menolak.

"Apabila menjadi Sekda nanti membuat saya lebih baik di hadapan Allah, maka akan saya terima," ujarnya.

Secara terpisah, H Gusti Syamsul Bahri mengatakan, dirinya tidak mengetahui bahwa dicalonkan menjadi Sekda Kotabaru.

"Jika saya dianggap mampu memegang jabatan Sekda, Insya Allah diterima, sebaliknya saya tidak mencari-cari jabatan," katanya./C

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011