Menggunakan dua buah helikopter, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin datang ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) guna meninjau langsung penanganan banjir, Selasa (19/1).

Mendarat di Stadion Murakata Barabai di Posko induk penanganan banjir, turut berhadir dalam rombongan Gubernur tersebut Ketua DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, Wakapolda Kalsel, Deputi Ops BNPB pusat, Kepala BPBD Kalsel dan Wadanlantamal XIII/Trk.

Sebelumnya, lebih dulu satu buah helikopter juga mengangkut bantuan paket sembako dari Presiden RI Jokowi Dodo sebanyak 250 paket yang satu paketnya berisi beras 5 kg, gula 1 kg, teh sosro 1 pak, minyak goreng 1 liter, masker 1 bungkus dan stiker COVID-19.

Saat itu, diumumkan bahwa BNPB Pusat langsung menyerahkan bantuan dengan cara di transfer (TF) dana siap pakai senilai Rp500 juta ke rekening BPBD HST.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Kalsel juga menambah bantuan untuk penanganan banjir di HST senilai Rp500 juta," kata Paman Birin yang disambut tepuk tangan gembira warga Barabai yang berhadir.

Ia juga menyampaikan, untuk penanganan pascabanjir, pemerintah pusat juga akan memberikan dana stimulan sebesar Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan.

Ia meminta kepada pemerintah setempat agar nantinya mendata dengan benar secara akurat rumah-rumah yang rusak khususnya di wilayah Kecamatan Hantakan dan yang terdampak. "Jangan sampai ada yang tertinggal," kata Paman Birin.

Ditambahkannya, kita semua harus bekerjasama bantu membantu dan bergerak agar secepatnya masyarakat bisa bangkit dan pulih kembali.

Bupati HST, H A Chairansyah mengucapkan terimakasih atas seluruh bantuan baik dari BNPB pusat maupun dari Gubernur Kalsel.

"Karena, kalau hanya bertumpu pada kemampuan Pemkab HST, jujur kami kewalahan. Namun alhamdulillah bantuan dan relawan dari berbagai kabupaten tetangga bahkan provinsi luar berdatangan dan turut peduli terhadap warga HST," katanya.

Sekali lagi, Ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya.

Baca juga: Banjir HST: 8 orang meninggal, 8 ribu jiwa mengungsi dan 68 ribu warga terdampak
Baca juga: Walau tidak berhadir, Bupati pastikan HST juga dapat bantuan Rp500 juta dari BNPB pusat
Baca juga: Dandim Barabai: Pengantaran logistik ke Datar Ajab hanya bisa jalan kaki 3 jam

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021