Pemerintah Kota Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat membangun dapur umum disetiap kecamatan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Daerah di Kota Banjarmasin saat ini mengalami banjir di mana-mana karena intensitas hujan yang turun begitu lama dan air sungai yang pasang.

"Jadi setiap kecamatan kan ada posko kesiagaan banjir, kita juga bangun dapur umum di sana," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto, di Banjarmasin, Jumat.

Sejauh ini baru di setiap kecamatan pihaknya membangun dapur umum, sebab tempat pengungsian warga yang terdampak banjir juga dipusatkan di setiap kecamatan sementara ini.

"Kita liat perkembangannya nanti seperti apa, jika kondisi makin darurat, kita di mana ada tempat pengungsian banjir, kita bangun di sana," paparnya.

Disebutkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, bahwa sejumlah warga terpaksa harus mengungsi karena tempat tinggalnya terendam cukup dalam.

Saat ini, status siaga darurat bencana yang telah ditetapkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina pada tanggal 14 Januari 2021, akhirnya dinaikan menjadi tanggap daurat banjir dan air pasang mulai pada 15 Januari ini.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat mengunjungi dapur umum dampak banjir.(Antaranews Kalsel/Humas Pemkot Banjarmasin)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021