Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bagian Aset Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bekerjasama dengan  Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Kalimantan Selatan menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Manajemen Aset / Barang daerah, bertempat di Auditorium pemkab HST.

Kepala bagian Aset Setda HST, Muhidin, menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada para pengelola pengadaan barang daerah atau operator Sistem Informasi manajemen daerah (SIMDA) Barang Milik Daerah (BMD).

"Kegiatan ini sangat bermanfaat selain untuk mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih, juga untuk peningkatan kapasitas SDM aparatur pengurus barang daerah," katanya.

Dengan demikian, diharapkan dengan adanya bimbingan dari BPKP akan tercipta aparatur-aparatur yang kompeten dalam mengelola barang milik daerah sesuai peraturan yang berlaku, lebih akurat dan dapat diandalkan, melalui sistem pengelolaan keuangan daerah berbasis teknologi informasi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 3 sampai 4 Desember, dengan melibatkan seluruh pengurus seluruh SKPD di lingkup pemkab HST.

"Adapun narasumber yang kami hadirkan yaitu perwakilan dari BPKP Provinsi Kalsel sebanyak tiga orang yaitu Eko, Anang dan Denny," katanya.

Sementara itu, Hilmawati salah satu Staf Bagian Aset Setda HST juga mengungkapkan bahwa penyusunan laporan penggunaan barang daerah, sangat diperlukan sinkronisasi atau kesamaan metode dan pemahaman antar seluruh unit kerja Pemerintah Daerah, sehingga sangat penting bagi kami untuk mengikuti pelatihan ini.

"Kegiatan ini juga untuk memudahkan pencatatan dan pelaporan barang milik daerah secara akurat dan cepat dan kami berharap agar BPKP dapat selalu mensupport serta membantu kami jika nantinya ditemukan kendala dalam penerapannya," pungkasnya.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014