Terumbu karang di Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (10/1/2021).Foto Antaranews Kalsel/Bayu Pratama S.

Provinsi Kalimantan Selatan memiliki berbagai macam keindahan alam yang menjadi potensi wisata salah satunya wisata alam Pantai Angsana yang terletak di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu dengan jarak tempuh sekitar lima jam perjalanan darat dari Kota Banjarmasin.

Pantai Angsana merupakan salah satu obyek wisata andalan dan telah dikelola secara baik oleh Pemkab Tanah Bumbu sejak beberapa tahun terakhir ini. Dengan tiket masuk terbilang murah wisata pantai ini ramai dikunjungi warga tidak hanya dari Tanah Bumbu tetapi juga dari daerah lain di Kalsel. Lokasi pantai berada di belakang perkebunan kelapa sawit, sehingga hamparan pohon kelapa sawit sepanjang beberapa kilometer menjadi keunikan tersendiri bagi para pengunjung.

Setelah sebelumnya sepi pengunjung dan ditutup akibat pandemi COVID-19, pantai yang memiliki keindahan terumbu karangnya itu kini Kembali ramai dipenuhi para pengunjung yang ingin menikmati suara debur ombak dan pantai mempesona .  

"Pantainya bagus dan ada terumbu karang. Ada juga tersedia fasilitas wisata air bagi anak-anak," ungkap Rini, salah seorang pengunjung asal Banjarmasin.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai dengan pasir putihnya, Angsana juga dikenal memiliki terumbu karang yang indah sehingga wisata snorkeling dan diving (selam) menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu perairan disini juga surga bagi para pemancing.   

Dibanding pantai-pantai lain di Kalsel, pantai Angsana sudah terkelola cukup baik. Berbagai fasilitas wisata mulai dari infrastruktur jalan yang mulus maupun sarana penunjang wisata tersedia. Masyarakat perkampungan nelayan disana juga mendapat manfaat dari penyewaan tempat penginapan, perahu motor hingga warung-warung makanan dan minuman.

Di pantai ini juga terdapat sebuah resort modern dengan fasilitas cukup lengkap yaitu MP Resort Angsana. MP Resort Angsana menyediakan 32 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang di atas bukit dengan view pantai dan fasilitas lain seperti karaoke, wahana bermain anak-anak. Selain kamar hotel, MP Resort Angsana juga mengelola cottage dan home stay dengan harga terjangkau.     

"Jumlah pengunjung pantai dan resort sudah kembali normal, terutama saat weekend dan hari libur. Sebelumnya pantai dan resort ditutup tiga bulan karena pandemi," tutur Serly, resepsionis MP Resort Angsana.

Adanya gugusan terumbu karang di perairan Angsana menambah nilai jual pantai. Banyak pengunjung datang untuk berwisata snorkeling, diving bahkan memancing. Bowo Rustianto, pengelola water sport MP Resort mengatakan bisnis penyewaan olahraga air seperti jetski, peralatan selam dan snorkeling termasuk speed dan perahu motor juga cukup ramai.

Pantai Angsana menjadi salah satu referensi wisata pantai dan olahraga air di Kalsel.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021