Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan mengkampanyekan gemar makan ikan dalam rangka peringatan hari makan ikan nasional pertama tahun 2014.


Kampanye dilakukan, Jumat di depan ratusan murid sekolah dasar di lapangan Murjani Banjarbaru yang diisi makan bakso hasil olahan berbahan dasar ikan patin.

Selain makan bakso, panitia juga menyediakan nasi kuning ikan gabus (haruan) yang disantap para pejabat Pemprov Kalsel termasuk Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor.

Wagub dalam kampanye mengajak anak-anak menggemari makan ikan karena kandungan protein hewani yang bisa menjadikan sehat, cerdas dan menguatkan tubuh anak-anak.

"Makan ikan bisa menyehatkan, bisa bikin cerdas dan anak-anak lebih kuat. Jadi mari kita tingkatkan gemar makan ikan ya," ajak wagub disambut jawaban setuju anak-anak.

Menurut wagub, gemar makan ikan harus ditanamkan kepada anak-anak sehingga mereka menyukai makan ikan sejak usia dini dan terus gemar hingga dewasa.

"Kampanye gemar makan ikan ini sengaja mengundang anak-anak SD untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya makan ikan sebagai salah satu protein hewani," ujar wagub.

Ia mengatakan, selain di goreng atau direbus, berbagai jenis ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut dapat diolah menjadi makanan yang penuh gizi dan menyehatkan.

Dijelaskan, makanan olahan yang berbahan dasar ikan, selain penuh gizi dan sehat, juga dapat menambah nilai ekonomis sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani ikan.

"Harapan kami, kampanye gemar makan ikan ini dapat meningkatkan konsumsi ikan disamping menambah kesejahteraan petani ikan melalui pengolahan hasil perikanan," ucapnya.

Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor mengatakan, pihaknya mendukung kampanye gemar makan ikan karena kekayaan perikanan di seluruh wilayah Kalsel sangat banyak.

"Potensi dan kekayaan perikanan Kalsel baik budidaya maupun hasil laut sangat banyak sehingga semestinya dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani," kata wali kota.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014