Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto yang melakukan kegiatan gowes kolaborasi dengan konsisten melakukan penghijauan yang mendatangi sekolah sekolah dalam pembinaan sekolah agar lebih hijau dan sehat.

Hari ini Sabtu (9/1) berkolaborasi dengan Perkumpulan Hijau Daun yang merupakan bagian dari Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin itu, Kadisdik didampingi beberapa pejabat lainnya di Disdik setempat melakukan penghijauan di SMPN 35 Sungai Andai.

Dalam acara penghijauan tersebut, Totok Agus sempat memberikan wejangan yang intinya menghendaki sekolah sekolah yang ada di Banjarmasin ini dengan kondisi indah, hijau, dan sehat, agar mampu mendukung kenyamanan proses belajar mengajar di sekolah.

Selain itu guna mendorong seluruh sekolah membudayakan kehidupan yang ramah lingkungan dalam penanganan sampah, penanganan taman-taman, dan ekosistem lainnya dalam kaitan sebagai sekolah Adiwiyata.

Menurut Totok Agus kegiatan gowes kolaborasi tersebut memang sudah sering dilakukan, sebelumnya melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Pemrpov Kalsel, yang biasa diikuti oleh Kompol Pol Yanto Suparwito, selaku pejabat BNN, tapi kali ini berhalangan hadir, dan pernah pula diikuti oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhaq.
Penghijauan kolaborasi di SMPN 35 Sungai Andai (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Gowes bareng tersebut biasanya akhir pekan  yang melibatkan banyak pihak ini akan berdampak luas dalam pembinaan sekolah, khususnya adiwiyata tadi.

Selain itu ini bentuk edukasi kepada sekolah sekolah khususnya anak pelajar untuk mencinati lingkungan sehingga muncul generasi emas dalam pelestarian lingkungan. 
 
Sementara Kepsek SMPN 35 menyatakan kegembiraannya karena sekolah mereka di kunjungi baik oleh pihak Disdik maupun dari kalangan pecinta lingkungan yang tergab ung dalam FKH.

Selain itu, Kepsek juga menjelaskan panjang lebar kondisi sekolah mereka mengenai rencana memperindah sekolah dengan lahan yang ada termasuk kolam kolam yang sudah ditata akan menjadi kolam teratai dengan aneka ikan ikan di dalam airnya.

Oleh karena itu, ia meminta pihak Disdik dan FKH sering sering mengunjungi sekolah mereka dan ikut membantu dalam penanganan sekolah mereka agar indah sejuk dan nyaman.

Sedangkan Paman Anum dari Forum Komunitas Hijau mengajak semua pihak menjadi pribadi cinta lingkungan dimana lingkungan adalah segala galanya dalam kehidupan, karena lingkungan yang lestari menyediakan air, oksigen dan pangan, dan tanpa ketiga bahan tersebut maka akan menamatkan kehidupan.
Penghijauan kolaborasi di SMPN 35 Sungai Andai (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Mengenai kegiatan tiap minggu di Banjarmasin disebutkannya agar Banjarmasin menjadi kota yang hijau, indah, dan sejuk, jika Banjarmasin menjadi sehat lingkungannya akan menyehatkan warga, tetapi jika lingkungan yang gersang dikhawatirkan warga Banjarmasin akan sakit-sakitan. 

Dalam acara penghijauan tersebut ditanam antara lain pohon Alpukat, trambesi, dan pohon rambai padi baik oleh guru-guru setempat dan juga puluhan anggota FKH yang hadir dalam acara tersebut.
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021