Pelaihari,  (Antaranews Kaslsel) - Kelompok Tani Perkebunan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, kembali meraih penghargaan tingkat nasional dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.


"Penerima penghargaan itu dari kelompok tani (poktan) perkebunan `Membangun Bersama` Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Tanah Laut (Tala) Ir Nor Hidayat, Kamis.

"Penyerahan penghargaan tersebut di Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) di Jakarta, 10 Desember 2014," kata di Pelaihari (ibu kota kabupaten, 65 kilometer timur Banjarmasin).

Menurut dia, penghargaan yang diterima kelompok tani perkebunan Kabupaten Tanah Laut dari Ditjen Perkebunan Kementan RI merupakan yang keenam kali dari tahun 2009 hingga 2014.

"Sebagai wakil Kalsel tentunya sangat membanggakan, apalagi penghargaan tersebut bertepatan dengan peringatan ke-49 hari jadi (Harjad) Kabupaten Tanah Laut ke-49," katanya.

Ia menjelaskan, penyerahan penghargaan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementan tersebut langsung diterima Kelompok Tani Perkebunan Membangun Bersama Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari.

"Keberhasilan tersebut diharapkan lebih memotivasi kelompok tani perkebunan lainnya. Selain itu, harapan kita adalah, keberadaan perkebunan di Tanah Laut lebih maju, mandiri dan sejahtera," katanya.

Ketua DPRD Tanah Laut Ahmad Yani mengatakan, pembangunan pertanian di kabupatennya perlu mendapatkan dukungan, baik sarana dan prasarana maupun anggaran yang memadai.

"Melalui momen hari jadi Kabupaten Tanah Laut ke-49 kita sangat berharap semua sektor di daerah ini maju dan berkembang," tegasnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengapresiasi keberhasil Kelompok Tani Perkebunan Membangun Bersama Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari.

"Saya berharap prestasi yang sudah didapat tersebut tentunya dapat memotivasi petani lainnya untuk maju dan sejahtera," tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014