Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta bersedia menjadi orang pertama di Kabupaten Tanah Laut  untuk mendapatkan vaksin COVID-19. 

Kesiapan bupati untuk divaksin yang pertama tersebut, untuk meyakinkan masyarakat agar tidak takut dan tidak mudah termakan berita hoax terkait vaksin COVID-19.  

“Awal tahun ini kita akan mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan vaksinasi COVID-19, setelah melalui uji klinis dan dinyatakan keakuratannya saya pribadi bersedia menjadi yang pertama,” ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta saat membuka secara resmi Pembinaan Wilayah Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Dinkes Kabupaten Tanah Laut dan Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, di Sarantang Saruntung, Kamis (7/1), 

Terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tanah Laut, Sukamta berharap agar seluruh pihak dapat memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada masyarakat.

Sementara itu dalam upaya pencegahan dan pengendalian serta penanggulangan kasus COVID-19, Sukamta juga menegaskan, tidak bisa hanya dilakukan oleh instansi terkait, namun harus melibatkan seluruh sektor. 

Mengingat, sebut dia, dampak dari pandemi ini sangat luas merambah seluruh sendi kehidupan masyarakat.

Ditambahkan, meski capaian kinerja mengalami penurunan dikarenakan adanya pandemi COVID-19, namun dirinya berharap hal tersebut dapat diatasi tahun ini dengan mengupdate sistem dan berinovasi.

"Kita harus selalu update sistem, karena ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin tinggi, menuntut kita harus semakin inovatif. Kinerja menurun pada 2020 karena COVID-19, tapi bukan lagi jadi  alasan untuk capaian tahun 2021, karena COVID-19 sudah berjalan dan kita harus sudah memiliki inovasi memberikan pelayanan ditengah kondisi COVID-19 ini,” tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Laut, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut H Dahnial Kifli, Perwakilan Kepala Dinkes Provinsi Kalsel, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tanah Laut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanah Laut.

Selanjutnya,  Kepala Dinkes Kabupaten Tanah Laut,  Ketua Organisasi Profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tanah Laut Yati Oktoviana Abdi Rahman serta seluruh jajaran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tanah Laut dan seluruh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021