Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin di Kalimantan Selatan berhasil panen ikan gurami dan aneka sayur mayur serta buah dari program ketahanan pangan masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulilah hari ini semua yang sudah ditanam dan ditebar benih bibit ikan sebelumnya dapat dipanen," kata Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto di Banjarbaru.

Memanfaatkan area lahan di Komplek TNI AL M Arifin Guntung Payung di Banjarbaru, prajurit Lanal Banjarmasin memang rajin secara bersama-sama budidaya sayur-sayuran dan buah seperti kacang tanah, daun bawang, singkong hingga pisang. 
Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto panen program ketahanan pangan Lanal Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Kemudian kolam budidaya ikan "Jala Tirta Mina" ada sebanyak lebih kurang 1.000 ekor bibit ikan gurami sebelumnya ditebar. Selain gurami, juga ada ikan nila dan ikan lele.

"Semua hasil panen ini untuk bisa dinikmati bersama oleh seluruh keluarga besar Lanal Banjarmasin dan masyarakat sekitar," tutur Sandharianto.

Danlanal berharap program ketahanan pangan tersebut terus bisa dilanjutkan  supaya bisa bermanfaat meski pandemi COVID-19 nantinya telah berakhir.
Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto panen program ketahanan pangan Lanal Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Keberadaan budidaya tanaman pangan di Komplek TNI AL M Arifin Guntung Payung mendapat apresiasi dari Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto yang pada 26 November 2020 lalu berkunjung.

Menurut Haris Bima, prajurit TNI AL diharapkan terus produktif terlebih di masa pandemi COVID-19. Dimana membantu program ketahanan pangan menjadi atensi pemerintah melalui Panglima TNI yang seyogianya dilaksanakan seluruh anggota TNI.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021