Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani mengatakan, Kota Tanjung ibukota kabupatennya akan menjadi kota metropolitan di provinsinya, sekaligus pintu gerbang berbatasan dengan Kalimantan Timur maupun Kalimantan Tengah.


Hal tersebut disampaikan Anang di Tanjung, Senin saat menjadi pembina upacara peringatan hari jadi kabupaten Tabalong ke-49 di halaman Pendopo Pembataan kecamatan Murung Pudak.

"Mulai tahun depan kita akan lakukan pembangunan yang sangat strategis bagi kepentingan masyarakat seperti Taman Tanjung Bersinar, Mall Tanjung Town Square dan Tanjung sport center karena itu ke depan Tabalong bisa menjadi kota metropolitan di Kalimantan Selatan," kata Anang.

Termasuk mempersiapkan bandar udara khusus Warukin menjadi bandar umum yang melayani penerbangan dengan rute Tanjung - Balikpapan dan Tanjung - Surabaya.

Sebagai kepala daerah yang belum genap 1 tahun memimpin Tabalong, Anang berjanji akan meneruskan apa yang telah dirintis pemimpin sebelumnya guna mewujudkan tabalong yang agamis dan sejahrtera.

Melalui 12 program pembangunan prioritas yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014 - 2019 tambah Anang menjadi jawaban akan persoalan riil yang dirasakan masyarakat serta upaya percepatan pembangunan di Tabalong.

"Kita akan fokus pada pembanguna bidang ekonomi yakni memacu percepatan pembangunan bagi kemakmuran masayrakat salah satunya dengan meluncurkan program gerakan pembangunan menuju masyarkat sejahtera (gerbang emas) dengan alokasi dana Rp1 miliar satu desa," tambah Anang lagi.

Dalam peringatan hari jadi kabupaten Tabalong ke-49 hadir pula Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin beserta para undangan baik di lingkungan Pemkab Tabalong maupun pemerintah provinsi Kalsel serta perwakilan sejumlah perusahaan di Bumi Saraba Kawa ini.

Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin dalam sambutannya mengatakan kemajuan pembangunan di Tabalong mulai dari bidang ekonomi, SDM, infrastruktur dan aspek pembangunan lainnya cukup cepat.

"Dengan pencapaian peningkatan pembangunan yang cepat di Tabalong tentunya kita perlu bersyukur karena itu menjadi cerminan akan kemampuan daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas serta mampu beri kesejahteraan bagi masyarakatnya," kata Rudy.

Keberhasilan ini tentunya tidak tidak terlepas dari usaha para pejuang dan pendiri kabupaten Tabalong dan melalui moment hari jadi ini menjadi waktu yang tepat untuk pemerintah kabupaten melakukan evaluasi atas program pembangunan yang sudah tercapai dan yang belum.

Pewarta: Herlina

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014