Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Pelatihan komputer gratis "Jika Belajar Maka Bisa" (JIKAMAKA) oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong,

Kalimantan Selatan, menjadi salah satu program unggulan yang diusulkan dalam ajang "Jawa Post Institute Pro-otonomi (JPIP) Award" 2015.

Bupati Tabalong Anang SYakhfiani di Tanjung, Jumat, mengatakan program unggulan yang akan diikutkan dalam ajang otonomi award harus inovatif dan memberi manfaat bagi masyarakat salah satunya pelatihan komputer gratis JIKAMAKA oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan setempat.

"Sejumlah SKPD sudah menyampaikan beberapa program unggulannya untuk diusulkan mengikuti ajang otonomi award salah satunya Kantor Perpustakaan dan Kearsipan dengan program JIKAMAKAnya," jelas Anang.

Secara terpisah Kasubag TU, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, Rizal Halimi menjelaskan program Pelatihan Komputer Gratis JIKAMAKA merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bermitra dengan sekolah komputer pradata di Murung Pudak.

"Pelatihan komputer gratis kami laksanakan sejak 2013 dan sampai sekarang sudah meluluskan 829 orang dengan rincian 2013 sebanyak 419 orang dan tahun ini 410 orang," jelas Rizal.

Rizal menambahkan peserta yang lulus mengikuti Kursus Komputer Gratis JIKAMAKA mendapatkan sertifikat komputer sehingga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau membuka lembaga kursus baru.

Program JIKAMAKA ini telah mendapat pengakuan dari pelaksana Program Perpuseru Indonesia sebagai program pemberdayaan masyarakat yang berhasil dan memiliki dampak positif bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tabalong.

Selama program ini berjalan, telah ada beberapa Program JIKAMAKA Khusus yang dibuat yaitu JIKAMAKA SLB dengan peserta Siswa SMP SLB Tabalong sebanyak 12 orang, kemudian JIKAMAKA Cilik dengan peserta pelajar SD Kelas 4-6 dengan jumlah peserta 35 orang yang memanfaatkan waktu libur semesteran.

"Kami juga memberi kesempatan bagi para ibu rumah tangga dan guru mengikuti program komputer gratis JIKAMAKA dengan mengambil jadwal pelatihan setelah pulang mengajar dan saat ini dikembangkan pula JIKAMAKA DESA yang pelaksanaannya melibatkan Perpustakaan desa yakni di Desa Saradang Kecamatan Haruai," tambahnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014