Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 57 pelamar yang menjadi peserta tes calon pegawai negeri sipil lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tidak hadir pada tes sejak 25-27 November 2014.


"Hari pertama tes 15 peserta tidak hadir, hari kedua 18 orang dan hari ketiga 24 orang," ujar Kepala BKD dan Diklat Kota Banjarbaru Firdaus Hazairin di Banjarbaru, Kamis.

Sementara, 1.274 peserta telah mengikuti tes CPNS yang dilaksanakan Pemkot Banjarbaru bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai penyedia fasilitas.

Ia mengatakan, peserta yang tidak mengikuti tes CPNS yang dipusatkan di Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin di Jalan Bhayangkara Banjarbaru otomatis kehilangan kesempatan.

Dijelaskan Firdaus yang didampingi Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Asdi Suriadi, setiap peserta tes CPNS wajib mengikuti tes dengan sistem

Computer Assisted Test (CAT).

"Setiap peserta wajib mengikuti tes CAT dan memenuhi standar nilai yang telah ditentukan yakni Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi," ujarnya.

Menurut dia, setiap peserta harus memenuhi standar nilai yang berbeda dari tiga materi dengan jumlah soal yang harus dikerjakan sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit.

"Jumlah soal sebanyak 100 buah dan setiap materi soal memiliki standar nilai yang harus dipenuhi seperti TWK dengan standar nilai 70, TIU 75 dan TKP 126," sebutnya.

Dikatakan, hasil tes setiap peserta akan diserahkan BKN ke Kementerian PAN dan RB yang akan mengumumkan hasil kelulusan sesuai ranking nilai yang diperoleh peserta tes.

"Kapan hasilnya diumumkan, kami belum bisa memastikan. Namun, jika melihat jadwalnya, paling lambat akhir tahun pengumuman kelulusan bisa dilihat peserta," katanya.

Ditambahkan, 1.331 peserta tes CPNS memperebutkan 79 formasi yang disiapkan terdiri dari 28 formasi tenaga pendidikan, 21 tenaga kesehatan dan 30 tenaga teknis.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014