Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Realisasi dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mencapai Rp1,68 miliar dari dana keseluruhan yang disiapkan sebesar Rp6,79 miliar.



"Realisasi dana PSKS sebesar itu tercatat hingga Selasa (25/11)," ujar Kepala Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Kota Banjarbaru I Agoeng Noegroho di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, dana miliaran rupiah itu disalurkan kepada 5.627 Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima program pemerintah yang dilaksanakan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Disebutkan, jumlah rumah tangga sasaran di Kabupaten Banjar yang ditetapkan sebagai penerima dana bantuan pemerintah itu sebanyak 16.995 RTS.

"Jadi masih tersisa 11.368 RTS yang belum menerima dana program itu, tetapi mereka masih bisa mengambil dana hingga batas waktu pengambilan tanggal 12 Desember 2014," katanya.

Disebutkan, jumlah dana yang masih tersisa dari belasan ribu RTS yang belum mengambil bantuan sebesar Rp5,10 miliar dan setiap hari disalurkan PT Pos.

"Ada tujuh lokasi pembayaran yang disiapkan melayani RTS mencairkan dana bantuan itu dan titiknya berada di kantor pos pembantu yang tersebar pada tujuh kecamatan," kata dia.

Dikatakan, selama pembayaran berlangsung dimulai sejak tanggal 21 November 2014 tidak ada hambatan dan kendala yang berarti sehingga RTS bisa menerima haknya.

"Proses pembayaran tidak ada masalah, semuanya lancar dan setiap RTS menerima dana sebesar Rp400 ribu untuk dua bulan yakni November dan Desember," ujarnya.

Ditambahkan, dana bantuan yang diberikan kepada RTS sebenarnya bisa diambil bertahap bahkan bisa diambil kapan saja karena sifatnya simpanan yang menjadi hak setiap RTS.

  "Dananya bersifat simpanan dan sudah menjadi hak RTS sehingga bisa diambil kapan saja, tetapi seluruh RTS langsung mengambil seluruh dana dan itu hak mereka," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014