Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 2.303 rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sudah menerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera melalui PT Pos setempat.


"Jumlah RTS penerima dana PSKS sebanyak itu tercatat hingga Selasa (25/11," ujar Kepala Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Banjarbaru I Agoeng Noegroho di Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, jumlah dana yang sudah direalisasikan kepada 2.303 RTS sebesar Rp751,8 juta dari keseluruhan dana yang disiapkan sebesar Rp2,45 miliar untuk 6.136 RTS.

Dijelaskan, sebanyak 3.833 RTS yang berhak menerima dana bantuan pemerintah itu masih diproses dengan jumlah anggaran yang masih tersisa sebesar Rp1,70 miliar.

"Pembayaran dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dimulai sejak 20 November sehingga selama enam hari pembayaran, daya serap yang terealisasi mencapai 37 persen," ungkapnya.

Menurut dia, proses pembayaran dana PSKS terhadap enam ribu lebih rumah tangga sasaran tersebut tidak mengalami kendala karena telah diatur melalui pola penjadwalan.

Disebutkan, pola penjadwalan dibagi pada enam lokasi pembayaran yakni Kantor Pos Banjarbaru Jalan Panglima Batur, Kantor Pos Ulin Jalan Ir PM Noor dan Kantor Pos Cempaka.

Kemudian Kantor Pos Guntung Payung Jalan Ahmad Yani Km 30, Kantor Pos Landasan Ulin Tengah Kilometer 30 dan Kantor Pos Syamsudin Noor Jalan Angkasa.

"Pembagian lokasi pembayaran pada enam kantor pos tiap kelurahan bertujuan memudahkan RTS untuk mengambil dana yang menjadi hak mereka," kata dia.

Dikatakan, besaran dana PSKS yang diterima setiap RTS sebesar Rp400 ribu untuk dua bulan yakni November dan Desember 2014 tetapi sebenarnya bisa diambil bertahap.

  "Pengambilan dana sebenarnya bisa bertahap karena sifatnya sebagai simpanan, tetapi seluruh RTS langsung mengambil seluruh dananya dan itu hak mereka," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014