Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.331 pelamar mengikuti tes calon pegawai negeri sipil yang dilaksanakan Pemerintah Kota Banjarbaru bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Banjarbaru Firdaus Hazairin di Banjarbaru, Selasa mengatakan, tes bagi seribu lebih pelamar dilaksanakan bertahap sejak 25-27 November 2014.

"Seluruh pelamar mengikuti tes secara bergiliran selama tiga hari di gedung Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin di Jalan Bhayangkara Banjarbaru," ujarnya.

Menurut Firdaus didampingi Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai Asdi Suriadi, pelaksanaan tes dalam satu hari sebanyak 500 orang dibagi dalam lima sesi.

Dijelaskan, setiap sesi diikuti 100 orang peserta dengan tiga materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Jumlah soal sebanyak 100 buah dan setiap materi memiliki standar nilai yang harus dipenuhi seperti TWK dengan standar nilai 70, TIU 75 dan TKP 126," ungkapnya.

Dikatakan, seluruh peserta dalam menjawab soal tes masuk calon abdi pemerintah itu menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT) yang soalnya disiapkan bank data BKN.

"Seluruh soal berasal dari bank data milik BKN dan setiap peserta tidak bisa saling contek karena soal antara satu peserta dengan peserta lain berbeda, meski satu ruang ujian," ujarnya.

Ditambahkan Firdaus, seluruh peserta tes CPNS memperebutkan 79 formasi yang disiapkan terdiri dari 28 formasi tenaga pendidikan, 21 tenaga kesehatan dan 30 tenaga teknis.

"Peserta yang lulus akan dirangking sesuai hasil tes CAT yang mereka jalani dan seluruh hasilnya diolah melalui sistem komputerisasi yang dikelola BKN," kata dia.

Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Kanreg VIII BKN Banjarmasin Rusmin Nuryadin mengatakan, proses seleksi berjalan tanpa hambatan meski menggunakan sistem komputerisasi.

"Sejauh ini, tes CAT yang kami laksanakan baik instansi vertikal pusat maupun pemprov dan kabupaten/kota tidak masalah. Semuanya lancar tanpa hambatan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014