Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Koordinator Forum Komunitas Hijau Tabalong, Kalimantan Selatan, Sri Wahyuni mengatakan percepatan pengembangan ruang terbuka hijau di kawasan Ujung Murung Kecamatan Tanjung menjadi salah satu aspirasi masyarakat guna mewujudkan kota hijau di kabupaten paling Utara ini.

"Melalui diskusi kelompok terarah kita menghimpun aspirasi masyarakat menyangkut kota kota hijau salah satunya percepatan pengembangan ruang terbuka hijau di kawasan Ujung Murung," jelas Sri di Tanjung, Selasa.

Hal tersebut diungkapkan Sri dalam diskusi kelompok terarah ke-3 Forum Komunitas Hijau (FKH) dengan agenda penetapan visi dan misi yang diikuti LSM, tokoh masyarakat, Polri/TNI hingga tenaga pendidik.

Anggota FKH Tabalong, Firman Yusi menambahkan untuk mempercepat capaian kota hijau di Tabalong harus didukung partisipasi masyarakat karena itu perlu ditetapkan visi dan aspirasi kota hijau secara bersama.

Banyak aspirasi masyarakat yang kita himpun terkait perwujudan kota hijau, selain pengembangan RTH di kawasan Ujung Murung termasuk pula penyediaan fasilitas pendukung ruang terbuka hijau seperi toilet umum yang bersih dan tempat sampah dengan konsep pemilahan.

Menerapkan area bebas kendaraan bermotor pada wilayah tertentu dan pemanfaatan RTD di sekitar sungai serta meningkatkan aktifitas di sungai sebagai faktor penarik.

"Selain itu pendidikan lingkungan berupa perubahan sikap terkait lingkungan dan perilaku hijau juga menjadi aspirasi masyarakat guna perwujudan kota hijaud di Tabalong," tambah Firman.

Ada pula himbauan dan tulisan tentang lingkungan juga perlu diperbanyak di beberapa ruang publik, mengembangkan budaya menanam pohon di pekarangan serta evaluasi sekolah hijau atau sekolah adiwiyata.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014