Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan Jembatan Danau Kasai, ruas jalan di Desa Batu Laki, Kecamatan Padang Batung yang merupakan jalan penghubung antara Desa Batu Laki dengan  Muara Pipi'i.

Ia mengatakan, bersyukur bahwa jembatan ini dibangun dari dana pemerintah pusat melalui hibah BNPB, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada jajaran BNPB Kesbangpol HSS yang dengan sangat gigih memperjuangkan pembangunan jembatan ini dengan dana hibah dari pemerintah pusat.

"Dengan diresmikannya jembatan ini diharapkan masyarakat Desa Batu Laki khususnya, untuk bisa memanfaatkan dan memelihara dengan baik, dan jembatan bisa bertahan lama, serta masyarakat selalu memperhatikan protokol kesehatan karena pandemi covid-19 masih belum berakhir," katanya, Selasa (29/12).

Baca juga: Pantau politik daerah Badan PB Kesbangpol HSS laksanakan rakor tim

Jembatan tersebut dibangun setelah jembatan ini selalu tenggelam akibat intensitas hujan yang tinggi, sehingga pada bulan Juni 2020 mulai dibangun jembatan lebih tinggi 4-5 meter dari sebelumnya, dengan panjang yang menghabiskan anggaran sebesar Rp6,3 miliar lebih, biaya bersumber dari dana APBD Tahun Anggaran 2020.

Kepala BPB Kesbangpol Kabupaten HSS, Roni Rusnadi, mengatakan pembangunan jembatan ini melalui perjalanan yang cukup panjang. Pelaksanaan pembangunan ini mulai dari proposal dana hibah ke BNPB tahun 2019 lalu sampai turunnya anggaran di awal tahun 2020.

"Pembangunan dimulai pada bulan Juni 2020, kurang lebih enam bulan baru selesai, dibangunnya jembatan ini agar dapat membantu aktivitas masyarakat utamanya, dalam hal mengangkut kebutuhan sehari-hari mereka di Desa Batu Laki," katanya.

Baca juga: Silaturrahmi IKMASIL di wilayah Daha terapkan protokol kesehatan

Tokoh Masyarakat Desa Batu Laki, Busri, atas nama Desa Batu Laki mengucapkan sangat berterimakasih kepada pemerintah yang memberikan jembatan Danau Kasai, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat nantinya, dan mendukung lancarnya usaha dan ekonomi masyarakat setempat.

Peresmian ditandai dengan penekananan sirine oleh Bupati HSS dan pembukaan tirai oleh Kepala BPB Kesbangpol HSS, turut berhadir para kepala SKPD terkait, Danramil, Plt. Kabag Protokol dan Kehumasan, Kabid PPIP Dinas Kominfo, Camat Padang Batung, Pambakal Batu Laki, para warga, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020