Paringin,  (AntaranewsKalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Sefek Effendie didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balangan Eddy Harianto, turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan pengerjaan jembatan.

Peninjauan tersebut untuk memastikan penyelesaian pengerjaan jembatan sesuai dengan target yang ditentukan, kata Bupati Balangan H Sefek Effendie di Paringin, Senin.

Ia menuturkan dengan kondisi jembatan yang bagus warga Balangan tentunya bisa lebih nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari, sehingga bisa mendongkrak ekonomi rakyat dan Daerah balangan.

"Semua pembenahan akses infrastruktur yang kita lakukan, baik itu jalan maupun jembatan, tidak lain hanya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, paling tidak kelancaran dalam bertransportasi," ungkapnya.

Eddy Harianto mengungkapkan, ada tujuh buah jembatan yang pengerjaannya ditargetkan selesai pada penghujung tahun ini, yang terletak di enam kecamatan di Kabupaten Balangan, baik itu jembatan besar maupun jembatan kecil.

�Di antaranya dua buah jembatan di Kecamatan Halong, dan masing-masing satu buah jembatan di Kecamatan Juai, Tebing Tinggi, Paringin, Paringin Selatan dan Lampihong,� ungkapnya.

Tahun depan kata Eddy, akan ada lagi jembatan yang akan diperbaiki, namun sudah tidak sebanyak tahun ini, karena sebagian besar jembatan sudah dalam kondisi bagus.

Kepala Bidang Bina Marga Cecep, sebelumnya, di Paringin, ibukota Kabupaten Balangan mengatakan, tahun ini setidaknya lima jembatan yang sedang dibangun akan bisa dioperasikan.

"Lima jembatan yang sedang dibangun itu, berada di Desa Layap Kecamatan Paringin, Desa Mauya dan Mantuyan di Kecamatan Halong, Desa Baruh Bahinu Luar Kecamatan Paringin Selatan, terakhir di Desa Gunung Batu Kecamatan Tebing Tinggi,"Ujarnya.

Cecep mengungkapkan, kelima jembatan tersebut kini sudah memasuki tahap akhir pengerjaan, sehingga diperkirakan sudah selesai diperbaiki akhir tahun ini.

"Pembangunan kelima jembatan tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk jalur transportasi yang menghubungkan antar desa dan kecamatan di balangan," katanya.

Ia juga menjelaskan, selain menjadi akses utama warga sekitar, jembatan tersebut juga merupakan jawaban tantangan dari peningkatan mobilisasi warga di wilayah Balangan.

"Semakin tahun, jumlah kendaraan yang ada di Balangan meningkat hingga kini diperkirakan lebih dari 20 ribu kendaraan yang ada di balangan dan terus bertambah," jelasnya.

Cecep menambahkan, dengan selesainya kelima jembatan tersebut, maka akses jalan antar desa dan kecamatan di Kabupaten Balangan akan lebih lancar.

"Semoga dengan selesainya pembangunan kelima jembatan ini, menjadi kado terindah dari Pemerintah Kabupaten Balangan khususnya Dinas Pekerjaan Umum di Bidang Bina Marga dalam upaya turut membangun Balangan," harapnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014