Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Hamli Kursani mengatakan, program "Banjarmasin Enjoy" bisa menjadi daya tarik wisata.


"Untuk menjadikan sebagai salah satu daya tarik wisata di Kalimantan, maka kota berjuluk seribu sungai perlu dibuat program Banjarmasin Enjoy," katanya, Jumat.

Banjarmasin Enjoy tersebut, lanjutnya, dapat dirasakan oleh tamu dari luar daerah ketika berada di kota seribu sungai atau ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, seperti kenyamanan, keamanan, dan adanya event tahunan.

Menurut dia, untuk bisa merealisasikan Banjarmasin Enjoy sebagai tujuan wisata di Kalimantan, tentunnya melibatkan lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD), karena tanpa adanya kebersamaan tersebut sulit bisa terealisasi.

"Terealisasinya Banjarmasin Enjoy tersebut, perlu tindaklanjut dan dalam waktu dekat kita akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait," tegasnya.

Selain SKPD terkait, jelas dia, pemerintah kota (Pemkot) juga perlu menggaet event organizer dan beberapa manajeman hotel yang sering menggelar hiburan di Kota Banjarmasin.

"Setelah kita melakukan pertemuan dengan event organizer dan manajeman hotel tersebut, maka akan didapatkan informasi jadwal penyelenggaran event," terangnya.

Dari informasi tersebut, maka langkah berikutnya membuatkan promosi event-event yang akan digelar di Kota Banjarmasin, ditempatkan pada beberapa daerah seperti, Kapuas, Tanah Laut dan Hulu Sungai atau "Banua Anam" Kalsel.

"Dari promosi di beberapa wilayah itu, maka wisatawan dari daerah bisa mengetahui event-event di Banjarmasin, sehingga tertarik berliburan," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dengan kenyamanan berwisata ke Banjarmasin, maka diharapkan dapat memberikan dampak bagi dunia pariwisata daerah.

"Banyak yang kita dapat dari program Banjarmasin Enjoy, kalau bisa direalisasikan dan ini perlu dukungan dari perhotelan maupun jasa angkutan melalui program diskon," tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014