Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan H Muhaimin menerangkan, komisi-komisi yang merupakan alat kelengkapan dewan pada lembaga legislatif tersebut melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2014.

"Untuk melakukan pemantauan dan evaluasi tersebut mereka ke kabupaten/kota sesuai sasaran yang merupakan bidang dari masing-masing komisi, 20 - 22 November 2014," ujarnya saat berada di ruang wakil-wakil ketua DPRD Kalsel, di Banjarmasin, Kamis.

"Oleh sebab itu, keadaan `Rumah Banjar` (Gedung DPRD Kalsel) kosong anggota dewan, karena mereka melakukan kunjungan kerja dalam daerah (kabupaten/kota), kecuali Komisi II DPRD Kalsel yang berangkat belakangan," lanjutnya.

Ia mengatakan, sesuai jadwal atau hasil rapat Bandan Musyawarah (Banmus) DPRD Kalsel 27 Oktober 2014, kunjungan kerja (kunker) komisi-komisi dewan ke dalam daerah itu untuk memantau (monitoring) dan evaluasi APBD 2014.

"Namun mereka bisa saja menambah kegiatan lain sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari masing-masing komisi," ujar anggota DPRD Kalsel empat periode dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

"Sejauh kegiatan mereka bisa dipertanggungjawabkan, dalam kunker dalam daerah tersebut masing-masing komisi menambah kegiatan lain yang juga masih ada kaitan dengan tupoksinya," demikian Muhaimin.

Sementara Komisi I bidang hukum dan pemerintahan DPRD Kalsel, yang diketuai Surinto (PKS) ke Kabupaten Tabalong, untuk melihat perbatasan dengan provinsi tetangga yang permasalahnnya masih belum terselesaikan.

Kemudian Komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalsel ke Kotabaru, kabupaten paling timur provinsi tersebut atau yang berbatasan Laut Sulawesi dan Selata Makassa, dan di selatan barbatasan Laut Jawa.

Kunker Komisi II yang diketua Muharram dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu, untuk melihat persiapan dan kesiapan pelaksanaan Hari Nusantara (Harnus) 2014, dimana Kalsel sebagai tuan rumah dan kegiatannya dipusatkan di "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru.

Sementara Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalsel yang juga membidangi pertambangan dan energi, serta lingkungan hidup itu ke Kabupaten Balangan.

Dalam kunker Komisi III DPRD Kalsel yang diketuai H Bardiansyah (Partai Golkar) ke "Bumi Sanggam" Balangan itu antara lain meninjau kegiatan pertambangan batu bara generasi pertama di provinsi tersebut oleh PT Adaro Indonesia.

Bersamaan dengan Komisi III tersebut, Komisi IV bidang kesra DPRD Kalsel yang diketuai Suwardi Sarlan (PPP) juga melakukan kunker ke Bumi Sanggam, namun dengan sasaran yang berbeda, antara lain bidang pendidikan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014