Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta menerima Piagam Penghargaan Siddhakarya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya Tahun 2020.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi  Kalimantan Selatan (Sekdaprov Kalsel) Ror Rizali Anwar kepada Bupati Tanah Laut HM  Sukamta diwakili Sekdakab  Tanah Laut  H Dahnial Kifli , pada acara Penutupan Program Pemagangan Berbasis Pengguna dan Penyerahan Penghargaan Siddhakarya Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual dan secara offline,  di Ballroom Hotel Nasa Banjarmasin, Rabu (16/12).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalsel Siswansyah mengungkapkan,  selama pandemi COVID-19 sektor ketenagakerjaan juga ikut terdampak.

“Kenaikan pengangguran terbuka cukup signifikan,  jika di tahun 2019 hanya 4,18 persen sekarang menjadi 4,74 persen. Ada 11 ribu pekerja sektor formal dan informal yang terdampak,”ujarnya.

Siswansyah juga mengatakan, adanya  Program Pemagangan Berbasis Pengguna Disnakertrans Kalsel melatih sebanyak 270 peserta magang dan 74 persen atau 157,  diantaranya bekerja di  18 perusahaan di Kalsel.  

“Mereka direkrut secara bertahap menyesuaikan kondisi keuangan dan produktifitas perusahan dimasa pandemi seperti ini,”jelasnya.

Sementara itu,  Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mengapresiasi para kepala daerah yang telah mendapat Penghargaan Siddhakarya atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan mendapatkan Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya Tahun 2020. 

Dia juga mengaku bangga kepada lima perusahaan di Kalsel menerima Penghargaan Siddhakarya atas produktifitas perusahaannya.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kepala daerah yang telah membina dan mendukung produktifitas perusahaan-perusahaan, karena mereka salah satu menjalankan roda ekonomi di banua kita ini, khususnya pada masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19 ini,”ujarnya.

Terpisah, Sekdakab  Tanah Laut Dahnial Kifli mengaku bangga dengan capaian didapat Bupati Tanah Laut tersebut.

 “Alhamdulillah pa bupati menjadi salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan ini bersama dua kepala daerah lain.  Ini tentunya capaian yang sangat luar biasa,”tuturnya.

Dahnial menjelaskan,  Bupati Tanah Laut HM Sukamta dan Pemkab Tanah Laut  berkomitmen membantu dan mempermudah regulasi perizinan sampai operasional bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berinvestasi di daerah.

Sekdakab Tanah Laut  juga mengapresiasi capaian CV Nudi Karya Banua dari Tanah Laut meraih Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya Tahun 2020.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020