Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian melatih perangkat desa terkait pengisian data statistik sektoral untuk memberikan pengetahuan atas hal tersebut 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Martapura Timur, Martapura, Rabu dibuka Kepala Dinas Kominfostandi Banjar M Aidil Basith dihadiri Plt Camat Martapura Timur Guslan dan pejabat dinas lainnya. 

"Melalui pelatihan, diharapkan mampu meningkatkan keterampilan teknis pengelola data sehingga terwujud data yang akurat, terpadu dan bisa dipertanggungjawabkan," ucap mantan Kadishub Banjar itu. 

Dijelaskan, tujuan pelatihan sekaligus sosialisasi memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman kepada peserta khususnya di Kecamatan Martapura Timur dalam pengelolaan data statistik sektoral.

Ia mengharapkan, kegiatan mampu mempercepat program Satu Data Indonesia sehingga dapat digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pembangunan serta kebijakan pemerintah dalam pembangunan.

Sementara itu, Plt Camat Martapura Timur Guslan mengapresiasi program Diskominfostandi Banjar yang telah memprioritaskan aparatur Kecamatan Martapura Timur dalam pelatihan satu data statistik sektoral.

"Kami berharap, peserta sosialisasi bisa mengolah data statistik secara profesional dan mampu menyediakan data yang penting untuk mendukung pembangunan daerah di seluruh Kabupaten Banjar," ucapnya. 

Kabid Statistik dan Persandian Dinas Kominfostandi Ahmad Syarwani sekaligus narasumber menyampaikan materi sosialisasi statistik bagi aparat desa mendukung Satu Data Indonesia di Kabupaten Banjar. 

Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dan diikutii puluhan peserta berasal dari 20 desa di wilayah Kecamatan Martapura Timur dan diharapkan peserta mengikutinya sejak awal hingga akhir.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020