Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar bimtek peningkatan kapasitas kepala desa dalam manajerial pemerintahan desa yang akuntabel, transparan dan berintegritas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Nahrul Fajeri, di Batulicin Rabu mengatakan, ada 130 kepala desa di Tanah Bumbu yang menjadi peserta bimtek.

"Bimtek akan dilaksanakan hingga 17 Desember di Hotel Royal Jelita Galaxy Banjarmasin," katanya.

Dia menjelaskan, bimtek ini bertujuan untuk peningkatan wawasan serta kapasitas pemerintahan desa dalam tata pemerintahan.

Pemerintah Desa harus dapat menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan.

Seperti yang disampaikan Bupati sebelumnya, kegiatan ini merupakan langkah strategis yang sangat diperlukan bagi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

"Apalagi saat ini kondisi masyarakat dan wilayah yang terus berkembang dinamis baik secara sosial dan ekonomi. Hal ini menuntut pengaturan agar terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik," ujarnya.

Dalam kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman kepala desa akan tugas pokok dan fungsi nya berkaitan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020