Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq mengapresiasi pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kota Banjarmasin, melalui kegiatan sosialisasi soal kebersihan sungai.

Apresiasi Ikhsan Alhaq tersebut diutarakannya saat acara sosialisasi kebersihan sungai dan kepariwisataan yang berlangsung di lokasi Pokdarwis Pulau Bromo, mantuil, Selasa.

Dalam kegiatan yang dihadiri anggota Pokdarwis Pulau Bromo, pihak kelurahan dan rukun tetangga tersebut, Ikhsan Alhag menyebutkan Banjarmasin memiliki prospek cerah kepariwisataan ke depan, jika seluruh warga masyarakat khususnya Pokdarwis melakukan kegiatan yang mengarah ke kreatifitas untuk memperelok objek objek wisata di lingkungannya.
Acara sosialisasi kebersihan ke Pokdarwis Kota Banjarmasin.
Mengingat Banjarmasin banyak memiliki sungai maka sudah sewajarnya Pokdarwis di pinggiran sungai membersihkan sungai dari tumpukan sampah agar indah dan enak dipandang mata, karena kunci kepariwisataan adalah kebersihan dan keamanan, tambahnya.

Sosialisasi yang dihadiri oleh anggota Patriot Pariwisata tersebut tampil tiga nara sumber yang berasal dari tim kota puasaka Banjarmasin, yakni Mohammad Ary, Akhmad Arifin, dan Hasan Zainuddin atau Paman Anum.

Pada intinya Mohamad Ary menilai kawasan Pulau Bromo dengan ikonnya sungai Kuin Kecil adalah objek yang menarik sebagai surga yang tersembunyi yang harus dipublikasikan, asal kawasan tersebut tetap dengan kondisi penuh dengan vegetasi seperti pohon rambai, nipah, rasau, putat, dan tanaman lainnya yang membentuk pormasi melengkung sehingga jika berlayar susur sungai di kawasan tersebut seakan masuk dalam kawasan rimbun yang indah.
Acara sosialisasi kebersihan ke Pokdarwis Kota Banjarmasin.
Sementara Akhmad Arifin yang dikenal sebagai pemandu wisata tersebut menekankan pentingnya sapta pesona sebagai daya pikat bagi wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin, dengan alam yang indah, ada cendramata, ada kuliner, keramah tamahan, kebersihan dan keamanan.

Sedangkan Paman Anum mengedepankan upaya kebersihan sungai, karena Banjarmasin dengan 170 sungainya dengan tingkat kebersihan yang kurang maka sudah sewajarnya seluruh masyarakat, khususnya Pokdarwis mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Dalam kegiatan serupa sebelumnya, juga diadakan sosialisasi kebersihan sungai dan kepariwisataan di Pokdarwis Sungai Biku, Pokdarwis Kampung Biuku, Pokdarwis Sungai Jingah dan terakhir Pokdarwis Pulau Bromo.
Acara sosialisasi kebersihan ke Pokdarwis Kota Banjarmasin.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020