Barabai, (Antaranews Kalsel) - Relawan Gradasi Hijau Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, mendirikan perpustakaan untuk anak-anak yang tinggal di Pegunungan Meratus.

Hal tersebut untuk membantu meningkatkan wawasan anak-anak desa dan mengentaskan masyarakat dari buat aksara,kata Koordinator Gradasi Hijau Ichunk di Barabai, Kamis.

Ia mengatakan, pendirian perpustakaan yang disebut dengan"basecamp" buku Meratus ditujukan sebagai media untuk menumbuhkan minat baca, tulis, berhitung anak-anak di pedalaman Meratus Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Menurut Ichunk, selain menimbulkan minat baca, para relawan akan berbagi ilmu dengan anak-anak pedalaman atau orang tua yang berminat belajar calistung agar mereka tidak makin ketinggalan dengan anak-anak di perkotaan.

"Kita akan melakukan penggalangan donasi untuk "basecamp" buku Meratus, dan telah mendapatkan dukungan banyak pihak baik bersifat perseorangan ataupun kelembagaan," katanya.

Hingga kini, kata dia, pihaknya masih memerlukan donasi berupa buku-buku bacaan diutamakan buku pelajaran SD juga alat-alat tulis.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga menghimbau warga yang mempunyai buku-buku bacaan yang tidak terpakai dan layak pakai serta bermanfaat bagi orang lain dari pada membuat sesak lebih baik bukunya didonasikan kepada basecamp buku Meratus.

"Basecamp" buku Meratus berupa perpustakaan kecil di Kampung Cabai, Patikalain, Hantakan yang merupakan kampun di pegunungan Meratus yang masih memerlukan uluran tangan untuk menumbuhkan minat baca di daerah terpencil tersebut.

Kampung Cabai berjarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Barabai dengan lama perjalanan kurang lebih 60 menit, bisa dicapai dengan roda dua ataupun empat, direncanakan "basecamp" akan dibuka secara resmi oleh Relawan Gradasi Hijau pada tanggal 16 Nopember 2014 Mendatang.

"Kami juga telah menerima donasi berupa perlengkapan shalat buat anak-anak disana karena kebetulan basecamp ini juga berfungsi sebagai mushala atau tempat ibadah warga sekitar,"jarnya.

Bagi warga yang ingin mendonasikan bantuanya untuk wilayah Barabai bisa melalui Ichunk (085753056147) atau langsung diantar ke Sekretariat LKP Cakrawala Komputer Jalan Keramat Manjang RT 8 No. 117 Kelurahan Barabai Barat HST Telpon 051741251.

Untuk Wilayah Martapura dan Banjarbaru melalui Norma (081250761990), Banjarmasin dan sekitarnya Farina (Pin BB 7D72A781) sementara untuk wilayah Kandangan dengan Sidik (Pin BB 26D5A70F).

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014