Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta menerima penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rudy Resnawan, pada kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021 tingkat Provinsi Kalsel di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Selasa (1/12).

Sukamta mengungkapkan,  untuk meraih Opini WTP yang kesekian kalinya tersebut, pihaknya memiliki sistem yang dibangun dengan disiplin. 

“Setiap bulan kita lakukan pengecekan kalau ada temuan atau kesalahan langsung kita perbaiki, kita tidak menunggu audit tahunan terus baru diperbaiki,”terangnya.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanah Laut  juga  menerima DIPA dan Buku Daftar Alokasi  TKDD tahun 2021 senilai Rp 1,17 triliun.

“Kita menerima Rp1,17 triliun  untuk membangun Tanah Laut  lebih baik lagi, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi sesuai dengan arahan pak presiden,”jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tanah Laut  menegaskan,  setelah DIPA dan TKDD diserahkan, maka secepatnya mempersiapkan pelaksanaan anggaran sehingga realisasi dapat dilakukan lebih awal. 

Menurutnya, belanja pemerintah adalah salah satu roda penggerak ekonomi.

Sementara, Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan mengatakan, pihaknya akan fokus untuk memulihkan ekonomi dan membangun Kalsel.

“Kita harus benar-benar fokus sebagai bagian dari pemerintah pusat.  Kita juga harus menyesuaikan kegiatan sesuai dengan arahan pusat karena kondisi kita sama terdampak pandemi COVID-19,”ucapnya.

Rudy menekankan,  kucuran dana ke daerah tersebut bertujuan untuk menyejahterakan rakyat. 

“Kami upayakan pendidikan kembali berjalan,  ekonomi pulih, UMKM bangkit, pelayanan kesehatan meningkat dan permasalahan sosial adil dan melayani,”tuturnya.

Tak lupa Rudy Resnawan juga mengucapkan selamat dan sukses kepada pemda / pemkot yang menerima penghargaan atas opini WTP yang telah dicapai, sehingga opini WTP tersebut dapat dipertahankan kedepannya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalsel bupati dan walikota se-Kalsel.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020