Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Polresta Banjarmasin membentuk tim pemburu tahanan Lembaga Permasyarakatan Teluk Dalam Banjarmasin yang kabur, bernama Yudi alias Butet, umur 32 tahun.

"Kami membantu pencarian Yudi yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Teluk Dalam 23 Oktober," ujar Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Afner Juwono, Kamis.

Ia mengatakan Polresta sudah membentuk tim pencari atau pemburu tahanan kabur tersebut dengan koodinator Kapolsek Banjarmasin Barat Kompol Uskiansyah. "Tim kita sudah bergerak," ucapnya.

Hal senada juga diucapkan Kapolsek Banjarmasin Barat tersebut, seraya menyatakan, jajarannya sudah melakukan penelusuran ke berbagai daerah untuk mencari keberadaan Yudi alias Butet yang berhasil kabur dari LP Teluk Dalam.

"Saat ini Butet masih hilang (belum diketahui keberadaanya) kita terus berusaha mencarinya," ujarnya seraya berharap partisipasi masyarakat, yaitu melaporkan kepada kepolisian terdekat bila mengetahui keberadaan Butet.

Atas permintaan pihak LP Teluk Dalam, beber perwira yang akan pindah tugas menjadi Kasat Sabhara Polresta tersebut, pihaknya membantu sebisa mungkin untuk menemukan pelaku.

Ketika dikonfirmasi dengan Kadivpas Keminkumham Kalsel Harus Sulianto mengungkapkan, tahanan yang kabur memang belum didapatkan. "Ya, dengan kepolisian pihak LP lagi mencari," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa saat inipun, pihaknya terus melakukan pemeriksaan terhadap petugas LP yang dianggap lalai hingga terjadinya tahanan tersebut kabur.

Sebagaimana diketahui, salah seorang tahanan LP Teluk Dalam pada Kamis (23/10) sekitar pukul 10.00 Wita berhasil kabur dengan memanjat pagar kawat berduri. Dia memanfaatkan listrik yang sedang padam, eronisnya penjaga pos saat itu tertidur.

Dari data LP Teluk Dalam, tahanan yang kabur bernama Yudi alias Butet tersebut, tahanan dalam kasus narkoba, yakni dengan vonis empat tahun penjara dengan denda Rp4 miliar subsider tiga bulan kurungan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014