Amuntai, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, H Husairi Abdi, mengingatkan sekaligus mengimbau generasi muda di daerahnya untuk siap menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN atau Masyakarat Ekonomi ASEAN (MEA).


"Jika ingin tetap bisa bersaing, generasi muda Indonesia harus berbenah. Sebab, memerlukan daya saing yang tinggi, terutama sektor industri," kata Husairi, di Amuntai, Rabu.

Dikatakan, MEA yang semakin kompetitif ini menuntut kesiapan sumber daya manusia agar mampu bersaing dalam mencari dan membuka lapangan kerja.

"Diperlukan kesiapan dari para pemuda-pemudi untuk menghadapi pasar bebas ASEAN agar mampu bersaing dalam dunia kerja yang menuntut sumber daya manusia berkualitas," ujarnya dalam siaran pers.

Menurutnya, generasi muda perlu melakukan revolusi mental agar mampu menjadi generasi yang unggul, berkarakter, berkapasitas dan memiliki daya saing.

Pemuda, katanya harus memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas tinggi, memiliki kompetensi agar mampu berkompetisi dalam persaingan global.

"Apa yang dilakukan para pemuda-pemudi bangsa kita 86 tahun lalu (28 Oktober) harus tetap menjadi obor penyemangat bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan," katanya.

Husairi juga mendukung ide revolusi mental yang digulirkan Presiden RI Joko Widodo agar segenap eleman bangsa Indonesia khususnya generasi muda dalam mempercepat pencapaian tujuan pembangunan bangsa.

"Mental generasi muda kita harus terus dibangun agar menjadi generasi unggul," katanya

Pembinaan generasi muda, lanjutnya dilakukan secara terus menerus melalui proses penyadaran, pemberdayaan dan pengembangkan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Namun pemuda juga diingatkan agar tidak melupakan esensi dari Sumpah Pemuda yakni tetap menjunjung dan mempertahankan rasa nasionalisme serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

  Guna memeriahkan Peringatan Sumpah Pemuda ke 86 di Kabupaten HSU seusai upacara peringatan dilaksanakan lomba gerak jalan prestasi yang diikuti gugus depan Pramuka dan pelajar di Halaman Kantor Pemkab setempat.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014