Banjaramsin, (Antaranews Kalsel ) - Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kasman mengatakan renovasi Terminal Induk di Jalan Ahmad Yani Km6 Banjarmasin dijadwalkan rampung pada 2015. 


"Pembongkaran dan pembangunan terminal tersebut secara bertahap dimulai pada 2012," katanya di Banjarmasin, Selasa.

Ias mengatakan pelaksanaan renovasinya hingga saat ini sudah sekitar 60 persen. "Jadi sekitar 30 Juli 2015, pembangunan sarana Terminal Induk tersebut sudah rampung," ujarnya.

Ia menerangkan pembangunan terminal induk Km6 tersebut menelan dana APBD Kota Banjarmasin sekitar Rp24 miliar yang dianggarkan secara tahun jamak.

Dana sebesar itu, lanjutnya, terkait pembangunnan fasilitas terminal empat lantai yang di antaranya sebagai tempat menara pandang, beristirahat, loket tiket, mushala, tempat kesehatan, WC, dan bahkan ada tempat ibu menyusui anak.

Selain itu, dibangun gedung dua lantai dan puluhan kios. "Pokoknya kalau sudah selesai, terminal itu bisa dikatakan sudah setara terminal tipe A," ucapnya.

  Ia berharap dengan selesainya terminal tersebut nanti bisa memberikan meningkatkan pendapatan asli daerah. "Saat ini kami hanya bisa menarget Rp300 juta PAD dari retribusi terminal pada 2015," paparnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014