Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry secara simbolis menyerahkan bantuan untuk bantuan dana operasional sekretariat Cabang Olahraga (Cabor) dan bantuan dana penjaringan atlet persiapan PORPROV XI, bertempat di Lobby Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Ia mengatakan, dana yang diserahkan adalah dana bantuan operasional sekretariat per cabor dan dana bantuan penjaringan atlet per Cabor, KONI HSS yang menyalurkan, namun hari ini kami dimohon yang menyerahkan secara simbolis, dana ini dana Pemda yang dihibahkan kepada KONI.

“KONI kemudian membagikan untuk sekretariat Cabor, karena bagaimana pun setiap cabor butuh pengelolaan sekretariat juga,” katanya, dalam keterangan, Rabu (18/11) pagi.

Dijelaskan dia, dengan dukungan dana ini, meskipun tidak begitu besar jumlahnya, tapi paling tidak inilah mungkin yang bisa penjaringan persiapan atlet Porprov XI, jadi difasilitasi KONI dari dana hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS kepada KONI.

 


Baca juga: Tanggap darurat COVID-19, Puslatkab Porprov XI KONI HSS ditunda

KONI sifatnya mengkoordinir cabor, jadi caborlah yang punya aktivitas dan kreatifitas hingga KONI memperdayakan cabor, Jadi cabor-cabor digerakkan agar mereka beraktivitas, pada gilirannya mereka menunjukkan prestasi yang baik.

Dan juga KONIlah nanti yang akan mengangkat mereka pada saat event-event untuk menunjukkan prestasinya, sementara di sisi lain caborlah yang punya akar rumput, caborlah yang punya aktivitas sehingga cabor perlu didukung oleh pendanaan sekretariat.

Sekretaris KONI Kabupaten HSS, Rahmad Hidayat, mengatakan bantuan operasional sekretariat diberikan kepada 31 cabor yang masing-masingnya sebesar Rp2,5 juta per cabor, dan untuk penjaringan atlet persiapan Porprov 26 cabor, perorangan Rp3 juta dan beregu Rp5 juta.

Menurut dia, bantuan operasional sekretariat ‎cabor dan penjaringan atlet diberikan untuk persiapan menghadapi Porprov XI di mana nantinya Kabupaten HSS sebagai tuan rumah, yang rencananya digelar pada tahun 2022 mendatang.

Baca juga: 32 pebilyar ikuti Turnamen Thasa Kirana Cup tahun 2020

“Sebelumnya Porprov direncanakan pada 2021, namun karena terjadinya pandemi COVID-19 diundur 2022 mendatang, namun untuk persiapan sarana dan prasara pendukung Porprov Insya Allah akan rampung di tahun 2021, sehingga pada masanya dipakai agar dapat dipergunakan dengan baik," katanya.

Ketua Umum Pengcab PSTI Kabupaten HSS, Rudi Bastian, menambahkan sebagai pengurus dari salah satu cabor di HSS, merasa sangat bersyukur dapat bantuan dari pemerintah daerah melalui KONI, dan juga akan dilaksanakan untuk penjaringan di kabupaten HST.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, para pengurus KONI Kabupaten HSS, dan perwakilan Cabor yang ada di Kabupaten HSS untuk menerima bantuan dana secara simbolis.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020