Bank Kalsel bersama pemerintah daerah berinisiasi mengemas sebuah ekosistem keuangan daerah yang salah satunya mensinergikan program pemerintah dan Bank Kalsel untuk mendukung pengembangan sektor pertanian.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin di Banjarmasin Senin mengatakan, sinergi tersebut bertujuan menciptakan ekosistem keuangan daerah sehingga lebih efektif, efisien dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Bank Kalsel akan terus mendukung program pembangunan daerah, khususnya pada sektor pertanian dengan menjadi mitra untuk membantu permodalan saat petani memerlukan pinjaman dana," kata Agus.

Dengan demikian,  pertumbuhan usaha di sektor pertanian bisa dirasakan langsung oleh petani. Melalui berbagai kemudahan pembiayaan kepada para petani, diharapkan meningkatkan taraf hidup masyarakat di masa datang.

"Jika nantinya Bank Kalsel dipercaya untuk mengelola dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) oleh Kementerian Keuangan RI, kami akan pastikan penyalurannya akan efektif dan berkontribusi positif bagi pelaku petani maupun UMKM," tegas Agus.

Untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, Dirut Bank Kalsel secara langsung mengunjungi para petani di berbagai daerah, antara lain Kabupaten Tabalong, Barrito Kuala, Tanah Laut dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Kecamatan Telaga Langsat.

 Direktur Utama Bank Kalsel yang didampingi Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selata Achmad Fikry meresmikan Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat sebagai Desa Agrowisata Edukasi.

Pada kesempatan tersebut, Bank Kalsel menyerahkan bantuan untuk petani di Kecamatan Telaga Langsat berupa 1 ton pupuk organik Guano Nutriplus dan 20 kg bibit unggul IF16.

Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry menyampaikan bahwa edukasi mengenai perbankan diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan dan usaha yang baik kepada petani maupun juga kepada para pelaku UMKM, khususnya di Kecamatan Telaga Langsat.

Saat ini, para petani di Kecamatan Telaga Langsat telah mampu mengolah hasil tani menjadi lebih bermanfaat sehingga edukasi Bank Kalsel ini tepat dan dapat melatih cara mengelola keuangan, modal maupun pengelolaan usaha sehingga taraf hidup petani maupun pelaku UMKM lebih meningkat.

"Kami berterima kasih kepada Bank Kalsel atas  kegiatan ini, ke depan kami berharap menjadi kegiatan tahunan Bank Kalsel," kata Ahmad Fikry.

Rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan Bank Kalsel di Kabupaten Tapin dan Tanah Bumbu.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020