Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah laut, Kalimantan Selatan H Bambang Alamsyah menyampaikan nota keuangan/Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD kabupatennya tahun 2015 sebesar Rp1,012 triliun ke DPRD setempat.


"Saya mengapresiasi kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Tanah Laut (Tala) mengagendakan penyampaian Raperda APBD 2015 hari ini," ujarnya dalam rapat paripurna lembaga legislatif tersebut, di Pelaihari, Jumat.

Ia berharap, Raperda APBD Tanah Laut 2015 bisa menjadi peraturan daerah (Perda) sebelum tahun anggaran 2014 berakhir.

"Bahkan, apabila memungkinkan diusahakan saat peringatan ke-49 Hari Jadi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala, 2 Desember 2014," kata mantan Ketua DPRD kabupaten tersebut.

"Kita berharap dengan rampaungnya pembahasan APBD 2015 tersebut dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dapat diserahkan kepada masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai kado ulang tahun untuk daerah yang kita cintai," ujarnya.

Ia menjelaskan, Raperda APBD Tala 2015 tersebut, untuk memenuhi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13/2006, tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Penyampaian Raperda APBD 2015 tersebut merupakan tahapan lebih lanjut pascadisepakatinya Kebijakan Umum Anggaran/Prioritas Plapon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) 2015," jelasnya.

Selain itu, seiring dengan telah diselesaikannya pembahasan Rencana Kegiatan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) dan RKA Perencanaan Progra Kegiatan Daerah (PPKD) oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), terangnya.

Ia menerangkan, tahap penyusunan RKA-SKPD dan RKA-PPKD, pembahasan RKA dan penyusunan Raperda APBD telah dilengkapi dengan nota keuangan adalah, tahapan yang cukup berat dan melelahkan.

"Begitu banyak program dan kegiatan dengan berbagai permasalahan, termasuk tolak ukur capaian kinerja, rincian sub kegiatan sampai dengan satuan dan volumenya harus dibahas satu persatu secara stimulan," ungkapnya.

Kemudian dihimpun sampai menjadi Raperda APBD yang pada hari ini (Jumat) disampaikan dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Tanah Laut 2015.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014