Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan verifikasi akhir terhadap ribuan berkas administrasi pelamar calon pegawai negeri sipil.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka, di Batulicin, Rabu mengatakan dua hari terkahir, proses verifikasi berkas peserta CPNS itu ditargetkan selesai, dan jumlah peserta yang lulus segera diumumkan.

"Bagi mereka yang lulus akan berhak mengambil nomor ujian seleksi CPNS yang nantinya dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud," kata Ambo Sakka.

Mengingat jumlah pelamar CPNS membeludak, lanjut dia, proses seleksinya diperkirakan memerlukan waktu sekitar satu bulan.

Jumlah peserta seleksi CPNS hampir mencapai 8.000 orang sedangkan jumlah komputer yang rencananya dugunakan untuk proses ujian tersebut hanya sekitar 50 unit.

"Proses ujian CPNS akan membutuhkan waktu yang cukup lama, akibat banyaknya peserta dan terbatasnya sarana," imbuhnya.

Ia memprediksi hasil verifikasi nanti ada sekitar 500 orang yang dinyatakan tidak lulus dan tidak bisa mengikuti proses seleksi lanjutan, dan tersisa sekitar 7.500 orang yang akan ikut ujian seleksi CPNS.

"Dengan 7.500 peserta tersebut, kami akan melibatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai panitia pelaksana," tegas Ambo Sakka tanpa mau menyebutkan tanggal pelaksanaan pengumuman hasil verifikasi dan ujian seleksi CPNS tersebut.

Jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan Pemkab Tanbu hanya untuk 341 orang. Serbanyak 99 orang di antaranya akan diperuntukkan sebagai tenaga guru, 85 orang tenaga kesehatan, dan sekitar 157 orang untuk mengisi tenaga teknis.

Proses seleksi CPNS akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas software Computer Asisted Tes (CAT) sesuai standar nasional.(Adv./Antara/imam hanafi)    

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014