Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menargetkan pemerataan pembangunan di daerah dapat segera direalisasikan melalui reses (menyerap aspirasi masyarakat) langsung ke daerah-daerah.


Ketua DPRD Kotabaru, Hj Alfisah di Kotabaru, Kamis, mengatakan, masa reses bagi anggota DPRD merupakan sarana yang tepat untuk bersilaturahim, sekaligus menyerap aspirasi dari masyarakat untuk percepatan pemerataan pembangunan.

"Setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi daerah pemilihannya masing-masing. Dan saya yang terpilih dari daerah pemilihan tiga, akan bersilaturahim di Kecamatan Pulau Laut Timur dan Pulau Laut Utara," katanya.

Alfisah mengaku akan mensosialisasikan tentang tugas dan fungsi dewan kepada masyarakat, khususnya konstituen yang memilihnya. Selain itu juga menyampaikan berbagai program pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan di daerah mereka itu sendiri.

Dia mengakui, banyak usulan dan aspirasi yang akan disampaikan masyarakat, semuanya siap diakomodir namun belum tentu semua akan terkabulkan. Setidaknya akan menyampaikan aspirasi mereka sesuai dengan prosedur diantaranya mengutamakan pada masalah-masalah yang termasuk dalam skala prioritas.

"Sesuai dengan ketentuan, setiap aspirasi mereka harus dimasukkan dalam forum musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes), baru kemudian akan dipetakan berdasarkan skala prioritasnya," ujarnya.

Hal itu harus diketahui masyarakat, sambung Alfisah, agar mereka mengetahui secara terbuka bagaimana proses dan prosedur perencanaan pembangunan di daerahnya, hal ini juga sekaligus menepis anggapan terjadinya pilih kasih pemerintah daerah dalam memberikan fasilitas bagian daerah-daerah tertentu.

Kaitannya dengan masa reses inilah, politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan ia dan segenap komponen masyarakat di daerah, akan menggali dan memetakan, apa saja yang menjadi hajat masyarakat untuk dituangkan dalam proposal kemudian disampaikan dalam Musrenbang.

Diketahui, usai menjalani berbagai rangkaian program kerja mulai dari digelarnya sidang pertama yang membahas pemilihan alat kelengkapan dewan (AKD), penyusunan tata tertib hingga melaksanakan kunjungan kerja, 35 anggota DPRD Kotabaru menjalani masa reses pertama berlangsung 7-9 Oktober 2014.

Masa reses tersebut akan digunakan para legislator bersilaturahim ke empat daerah pemilihan mereka yakni dapil satu mencakup Kecamatan Hampang, Pamukan Barat, Pamukan Selatan, Pamukan Utara, Sampanahan dan Sungai Durian.

Dapil dua mencakup Kecamatan Kelumpang Barat, Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Kelumpang Selatan dan Kelumpang Tengah. Adapun dapil tiga yakni Kecamatan Pulau Laut Timur, Pulau Laut Utara dan Pulau Sebuku.

Sedangkan dapil empat terdiri dari Kecamatan Pulau Laut Barat, Pulau Laut Kepulauan, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Tanjung Selayar, Pulau Laut Tengah dan Pulau Sembilan.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014