Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penggemblengan para pelatih dan terapis olahraga untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan penyiapan kontingen olahraga Kalsel menuju PON terus dilakukan, termasuk pelatihan pelatih dan terapis olahraga pada 26--28 Oktober ini di Hotel Rattan Iin Banjarmasin.

"Untuk peningkatan SDM tenaga keolahragaan daerah sekalian untuk persiapan menuju PON Papua," ujarnya.

Menurut Fitri, peserta pada kegiatan pelatihan tenaga keolahragaan ini sebanyak 112 orang, terbagi dari pelatih dan terapis olahraga.

Adapun pesertanya, kata Fitri, dari pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga, pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD).

Selain itu, papar dia, dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) dan Dispora.

Dia mengakui persiapan untuk menuju PON Papua ini sudah termasuk terlambat dibandingkan dengan beberapa provinsi yang lebih maju di bidang olahraga.

Tetapi, kata dia, tidak ada kata terlambat untuk mulai mengadopsi sport science demi kemajuan olahraga banua.

"Persiapan untuk atlet tentunya daerah kita tetap dilaksanakan, insentif kita berikan dan latihan menjadi tanggungjawab cabang olahraga," tuturnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, atlet Kalsel yang disiapkan untuk PON Papua yang dijadwalkan mulai pada 13 Oktober 2021 sebanyak 157 orang beserta pelatih.

Kalsel memiliki cabang olahraga andalan yang meraih medali emas pada PON sebelumnya, yakni, Gulat dan menembak.

Pada PON ke-19 di Jawa Barat pada 2016 lalu, sembilan medali emas, 10 perak dan 18 perunggu. Di mana posisi Kalsel diperingkat 16 dari total 34 provinsi.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020