Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menetapkan Darwin Awi dari fraksi Golkar sebagai ketua dewan periode 2014 -2019 dan wakil ketua, Masrudin dari partai demokrat.

Peresmian pengangkatan ketua dan wakil ketua II DPRD Tabalong periode 2014 - 2019 tertuang dalam SK Gubernur Kalsel nomor 188.44/0494/Kum/2014, kata Darwin yang juga menjabat ketua dewan periode 2009 - 2014 di Tanjung, Senin.

"Karena anggota legislatif yang duduk di DPRD Tabalong dari partai Golkar dan PAN paling banyak yakni lima kursi maka sesuai aturan bisa menduduki jabatan ketua dan wakil ketua 1 sedangkan wakil ketua II dari partai demokrat yang mendapatkan empat kursi di dewan," katanya.

Sementara itu untuk jabatan wakil ketua 1 dewan belum bisa dilantik karena rekomendasi dari dewan pengurus pusat partai amanat nasional (PAN) belum keluar.

Terpisah ketua Fraksi PAN, Nabahan Fiji menjelaskan sebelumnya pihak partai menunjuk Mursidah sebagai wakil ketua 1 sementara namun terjadi perubahan di internal partai yang akhirnya mengusulkan tiga calon untuk menduduki jabatan tersebut.

"Pelantikan wakil ketua 1 masih menunggu rekomendasi dari DPP PAN karena ada tiga orang yang dicalonkan yakni Mursidah, Noorhidayah dan saya sendiri," jelas Nabahan.

Sementara itu pelantikan Ketua dan wakil ketua II dewan dihadiri Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, wakil bupati Zony Alfianoor, forum koordinasi pimpinan daerah serta pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong.

Pengambilan sumpah jabatan ketua dan wakil ketua II dewan dipimpin oleh Wakil Kepala pengadilan negeri Tanjung, Widarti disaksikan para undangan sidang paripurna.

Sementara itu 30 anggota dewan periode 2014 - 2019 yang dilantik beberapa waktu lalu terbagi dalam 7 fraksi yakni fraksi golkar, fraksi PAN, fraksi demokrat, fraksi hanura, fraksi Gerindra, Fraksi persatuan pembangunan keadilan sosial (FPPKN) dan fraksi bangkit bersama (FBB).

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014