Pasangan calon atau Paslon Bupati - Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan H Ahmad Tamzil - M Ilham Effendi terus melakukan konsolidasi, sekaligus sosialisasi hingga daerah terpencil pedalaman kawasan Pegunungan Maratus.

"Konsolidasi dan sosialisasi salah satu upaya memenangkan pasangan kami yang mendapat nomor urut dua (2) pada Pilkada HST Tahun 2020," ujar Tamzil melalui WA-nya kepada Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Ahad.

"Warga masyarakat pedalaman terpencil kawasan Meratus tersebut tampak gembira dan antusias menyambut kedatangan kami," lanjut mantan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HST itu.

Putra dari almarhum H A Madjid Sjachrani - mantan Kepala SMA Negeri Barabai (165 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota HST itu mengaku senang atas sambutan hangat warga masyarakat pedalaman Meratus tersebut.

"Kunjungan ke pedalaman Meratus kali ini, dalam rangka pengukuhan tim relawan/Koordinator Desa (Kordes) se-Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) di Desa Tandilang," ujar Tamzil.

Ia berharap, melalui perjuangan Kordes se-Kecamatan BAT H Ibnu dan kawan-kawan dapat meraih suara sebanyak-banyaknya di pedalaman Meratus guna Paslon Bupati - Wabup nomor urut (2) pada Pilkada yang pencoblosannya 9 Desember mendatang.

Jumlah pemilih di wilayah BAT sebanyak 5.039 orang tersebar pada 12 desa yang merupakan daerah sangat terpencil antara lain Desa Kiyu, Masugian, Batu Perahu dan Desa Aing Bantai, yang sebagian penduduk setempat dari Komunitas Masyarakat Terasing atau Suku Dayak.

"Insya Allah kalau terpilih sebagai pemimpin daerah 'Bumi Murakata' HST, kami akan tingkatkan pembangunan sarana dan prasarana perhubungan darat sehingga warga masyarakat kita di pedalaman Meratus tidak merasa terpencil lagi," tuturnya.

Selain itu, melakukan rivitalisasi perkebunan dan pertanian yang selama sebagian  masyarakat setempat menanam padi pada lahan kering atau sistem perladangan, yang merupakan sumber matapencaharian mereka, lanjutnya.
Foto bersama usai silaturahmi/pengukuhan tim relawan/Koordinator Desa se-Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) Pemenangan Paslon Bupati- Wabup Tamzil - Ilham pada Pilkada 2020 di Desa Tandilang - pedalaman Pegunungan Maratus. (Istimewa)

Pegunungan Meratus memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) yang bukan saja menjadi sumber kehidupan hewani, tetapi juga bagi kehidupan manusia melalui berbagai mata usaha dan pencaharian, serta sebagai penyangga bencana banjir, terutama untuk wilayah HST.

"Oleh sebab itu, kelestarian lingkungan kawasan Meratus tersebut harus kita jaga. Alhamdulillah kawasan Maratus HST satu-satunya kabupaten di Kalsel  yang terobok-obok kegiatan pertambangan batu bara sampai saat ini," demikian Tamzil.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020