KPU Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Sekaligus Penetapan Daftar pemilih Tetap (DPT) di Pendopo Kab HST, Kamis  (15/10).

KPU HST yang diketuai oleh Johransyah bersama empat komisoner lainnya menyepakati total DPSHP yang ditetapkan menjadi Daftar pemilih tetap (DPT) adalah sejumlah 184.855 pemilih, yang terdiri dari pemilih laki-laki 91.878 orang dan pemilih perempuan 92.977 orang.

Johransyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras dalam pengumpulan data, pencocokan dan penelitian (coklit) dan sampai pada pleno hari ini.

Ia juga berharap agar proses dalam tahapan pilkada HST Tahun 2020 ini berjalan lancar sampai pemilihan nantinya.

"Tahapan selanjutnya setelah penetapan daftar pemilih adalah, masa untuk daftar pemilihan tambahan dengan menunggu regulasi baru," tambahnya.

Berbicara tentang validitas data, pihaknya yakin valid, karena memang telah dilakukan secara akuntabel dan transparan oleh PPS, kemudian PPK di kecamatan, hingga kabupaten.

"Pada saat proses berjenjang juga telah dilaksakan pencermatan oleh semua panwas baik kecamatan dan kabupaten," jelas Johransyah.

KPU Kabupaten HST dalam pelaksanaan penetapan data pemilih baik sementara, perubahan maupun data tetap juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil," katanya.

Pilkada HST 2020 akan dilaksanakan pada 11 Kecamatan di Kabupaten HST, di 169 desa/ keluarahan, dengan 635 tempat pemungutan suara (TPS).

Bupati HST, H A Chairansyah saat berhadir mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada ketua KPU beserta jajaran, khususnya kepada PPK, PPS dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih(PPDP) yang telah bekerja keras melaksanakan tugasnya pada tahapan pencoklitan.

Ia berharap semoga rapat pleno ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga seluruh tahapan Pilkada di HST benar-benar berjalan sesuai harapan.

"Marilah senantiasa kita pupuk kebersamaan dan kesolidan kita demi membawa HST ke arah yang kita impikan bersama, lebih agamis, mandiri, sejahtera dan bermartabat," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020