Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mencetak putra putri asal kota setempat menjadi pekerja yang profesional pada bidangnya masing-masing setelah mengikluti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

"Hal itu dibuktikan bagi mereka yang selesai mengikuti pelatihan kerja akan mendapatkan sertifikan kompetensi," kata Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anwar Salujang di Batulicin, Jum'at.

Dia mengatakan, sertifikat tersebut  merupakan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Profesi (NSP) dalam beberapa bidang keahlian dengan kualifikasi seperti desain grafis, teknik komunikasi, tekni telepon seluler, perangkat lunak dan asisten teknisi AC domestik.

Bagi mereka yang sudah selesai mengikuti seleksi dan pelatihan, akan di kirim ke BLK Bekasi untuk melanjutkan pelatihan yang sebelumnya mereka ikuti.

Anwar Salujang mengucapkan terimakasih kepada peserta yang sudah mengikuti seleksi di Tanah Bumbu dengan baik dan nanti saat mengikuti pelatihan di Bekasi bisa mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat.

"Harapan pemerintah dengan dilaksanakannya program ini, yang bersangkutan menjadi wirausaha yang mandiri untuk memenihi kebutuhan hidup keluarga terlebih menjadi yang bersangkutan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat mengentaskan angka pengangguran,' ujarnya.

Ini dapat dijadikan contoh oleh kaum muda yang lain, untuk mendapatkan penghasilan tetap tidak harus bekerja di perkantoran, melainkan berwirausaha juga dapat menghasilakan pendapatan tetap.

"Semoga pelatihan ini juga dapat diikuti oleh putra putri lainnya asal Tanah Bumbu," ucapnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada 14 orang yang lulus seleksi dan menyelasaikan pelatihan Profesi di BLK Bekasi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020