Tim Listrik SMK Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional kali ini melalui karyanya berupa alat pengaman korsleting dari banjir.

Tiga siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik masing - masing Ibrahim, Agung Heru Saputra dan M Fajar masuk lima nominasi nasional pada Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT) Competition 2020 yang dilaksanakan PT United Tractors Tbk (UT).

Guru pembimbing tim listrik SMK Negeri 1 Paringin Izzudin Syarif mengatakan produk "Amank Air" atau Alat pengaman korsleting dari banjir ini berfungsi memberi tanda ketinggian banjir dan memutuskan jaringan listrik di rumah jika ketinggian banjir mendekati stop kontak.

"Alat pengaman ini juga memberikan notifikasi SMS ke PLN terkait lokasi banjir," jelas Izuddin.

Kompetisi untuk menciptakan generasi muda mandiri dan berkarakter ini diikuti 87 peserta disaring menjadi 25 semifinalis dan akhirnya dipilij lima besar nasional termasuk tim listrik SMK Negeri 1 Paringin.

Sebelumnya tim listrik SMK Negeri 1 Paringin meraih predikat terbaik di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang dilaksanakan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin April 2020.

Produk berupa pintu rumah otomatis dengan sidik jari hasil karya siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik Misransyah dan Agung Heru ini meraih juara pertama dengan nilai kumulatif 586.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020