Pelaihari, Kalsel, 17/9 (Antara) - Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI Khairuddin Thabrani mengatakan, tahun 2014 Kalimantan Selatan mendapatkan jatah bedah rumah 2.985 unit, tersebar di lima kabupaten.


Ass Deputi mengemukakan itu, usai sosialisasi dan penyerahan bantuan stimulan perumahan swadaya 2014 di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel, di ruang Sarantang Saruntung Kantor Bupati setempat, di Pelaihari (ibu kota kabupaten, 65 km timur Banjarmasin), Rabu.

Ia menyebutkan, lima kabupaten di Kalsel yang mendapat bantuan bedah rumah berupa dana hibah dari Kemenpera masing-masing Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Balangan, Tala, Barito Kuala (Batola) dan Kabupaten Banjar.

Menurut dia, pada tahun 2015 jatah bedah rumah melalui dana hibah Kemenpera akan ditingkatkan, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan ke lapangan, kabupaten mana saja nanti yang menerima bantuan tersebut belum diketahui. "Namun Tala dipastikan dapat," katanya.

Ia menambahkan, khusus Tala, pada 2014 mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebanyak 238 unit, dan 2015 rencananya kembali mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebanyak 600 unit.

Dari target 600 unit di tujuh desa di Kabupaten Tanah Laut, hingga saat ini sudah terdata sebanyak 450 unit dan sisanya dalam waktu dekat sudah selesai didata.

"Masing-masing kepala keluarga mendapatkan bantuan hibah bedah rumah sebesar Rp7,5 juta dalam bentuk barang dan upah pengerjaan rehab," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, bantuan yang diberikan untuk bedah rumah tersebut diharuskan selesai paling lama dua bulan setelah dana dikucurkan langsung ke rekening penerima.

"Apabila dalam waktu dua bulan tidak selesai atau dialihkan kelain tempat, maka dana tersebut diminta dikembalikan ke negara, sebab dalam pelaksanaannya sudah diawasi oleh pendamping," tegasnya.

  Kemudian, lanjutnya, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tanah Laut dapat memiliki rumah layak huni dan merasakan dampak pembangunan bagi mereka.    

Pewarta: Oleh Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014