Aksi simpatik dilakukan oleh Kepolisian dalam pengamanan demo mahasiswa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Polisi membagikan air mineral sebagai bentuk pengamanan yang humanis.

“Ada 1.000 lebih personel gabungan Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Polres Batola diturunkan untuk melaksanakan pengamanan di depan Gedung DPRD Kalsel agar aksi damai berjalan lancar,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, Kamis (8/10).

Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch Noor Subchan yang turun langsung memimpin pengamanan aksi damai itu menyatakan mengawal selama kegiatan aksi damai dengan jaminan keamanan.

Dia menegaskan bahwa Kepolisian melakukan pendekatan persuasif dan humanis dalam pengamanan demonstrasi.

“Mari kita saling bergandeng tangan menjaga keamanan dan ketertiban jangan sampai aksi damai ini disusupi oleh provokator yang akan merugikan kita semua,” ucapnya.
Polisi dan mahasiswa Shalat Dzuhur berjamaah di tengah aksi damai mahasiswa. (ANTARA/Firman)


Dia menjelaskan, dalam pengamanan aksi demonstrasi tersebut, pihaknya juga menerjunkan Polwan di garda depan sebagai tim negosioator. Para Polwan berhadapan langsung dengan para demonstran berkomunikasi dengan massa.

Dalam kesempatan itu, para personil Kepolisian juga membagikan air mineral. Harapannya terjalin komunikasi yang baik agar aksi bisa berjalan aman dan damai. Termasuk melaksanakan Shalat Dzujur berjamaah di jalan. Bahkan sebelum membubarkan diri, para demonstran bersama Karo Ops Polda Kalsel dan anggota juga membersihkan sampah sampah yang ada di lokasi demo.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020