Nanning, Tiongkok, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 95 pengusaha Indonesia berpartisipasi  pada pameran tahunan China-ASEAN Expo (Caexpo) ke-11 yang akan berlangsung 16 hingga 19 September 2014 di Nanning, ibukota provinsi Guangxi, Tiongkok.
         

Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi, saat meninjau persiapan pembukaan pameran di Nanning, Senin, mengatakan keikutsertaan Indonesia pada Caexpo sebagai langkah memantapkan terus pasar-pasar regional bagi produk Indonesia.

Para peserta dari Indonesia, kata Bayu, bergerak dalam bidang permebelan (furniture), tekstil, kerajinan tangan dan kopi. Peserta dari Indonesia tahun ini relatif sama juga jumlah dan variasi barangnya dibanding tahun lalu, kata Bayu.

Tahun ini Kota Palembang mendapat kehormatan sebagai peserta mitra Nanning "City of Charm". Dengan bermitra, maka Kota Palembang, seperti diberlakukan juga pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnyam, diberi "privelese" dalam menampilkan corok ragam budaya dan kekhasan daerah setempat.

Menurut Bayu, potensi pariwisata Indonesia dan Nanning maupun Tiongkok secara keseluruhan masih dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang.

"Indonesia sangat luas dan setiap daerah memiliki kekhasan. Jadi Indonesia bukan hanya Bali," katanya dalam sambutannya saat diterima secara resmi oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Politik Daerah Otonomi Provinsi Guangxi Zhang Xiu Long, sebelum meninjau lokasi pameran.

Caexpo tahun ini diikuti 2.330 peserta, meningkat sekitar 30 persen dari peserta tahun lalu. Sebanyak 1.541 wartawan dari 198 media meliput pameran dan juga mengetengahkan berbagai kegiatan seminar bisnis dan investasi maupun budaya./e

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014